Bisnis

Tips Bisnis dari Kopi Molo; Pinjam Dana Online Bisa Jadi Alternatif

Apakah Anda tertarik membuka usaha sampingan? Ada banyak ide bisnis yang bisa dijadikan peluang saat ini. Salah satunya adalah bisnis kopi. 

Banyaknya millennials pencinta kopi di Indonesia, terutama di kota-kota besar membuat bisnis ini semakin menjamur dan banyak peminatnya. Mengingat konsumsi kopi telah meningkat hingga 15% menurut data dari Kementerian Perdagangan, tren mendirikan bisnis kopi kekinian semakin populer. 

Bagi Para Pemula, Apa Saja yang Harus Diperhatikan dan Tantangan dalam Mendirikan Bisnis Kopi? 

Kali ini, kami berkesempatan mewawancarai dua dari empat co-founders Kopi Molo, Yohanes dan Ratih. Berawal dari pertemanan yang memiliki minat yang sama, yaitu kopi, Kopi Molo didirikan pada Juni 2019 dan telah mengembangkan 15 cabang di kawasan Jabodetabek dan Bandung, dan pertama kali didirikan di Kuningan, Jakarta Selatan. Nama ‘Molo’ berasal dari Bahasa Xhosa (Afrika Selatan) yang memiliki arti Halo atau merupakan wujud sapaan kepada seseorang, atau berganti makna menjadi ‘kopi mulu’ sebagai tagline mereka. 

pinjam dana online cepat

 

Mereka memilih bisnis kopi karena ingin memenuhi tren kopi yang telah menjadi komoditas di kalangan masyarakat. Kopi yang disajikan pun berbeda dari gerai kopi lainnya karena Kopi Molo menggunakan fine robusta dan single origin. Dengan kata lain, kopi tidak dicampur dengan bahan lain untuk mempertahankan kualitas rasa dan aromanya, serta penggunaan fine robusta aman bagi konsumen dengan masalah pencernaan. Kopi Molo juga menyediakan menu non-coffee sehingga bisa menjangkau semua khalayak dari berbagai usia. 

Tantangan yang dihadapi adalah dengan menjamurnya bisnis kopi, otomatis persaingan antar bisnis sangat kuat sekarang ini. Sehingga, inovasi dan menyediakan minuman dengan kualitas tinggi harus gencar dilakukan agar bisa bertahan dalam persaingan bisnis. Contohnya, saat ini Kopi Molo berinovasi meluncurkan minuman baru, Havana Molo dan berkolaborasi dengan brand Beng-Beng membuat minuman Bengnana Molo.

Tips Bisnis Bagi Pemula?

Yohanes dan Ratih menuturkan bahwa jika Anda berniat memulai bisnis, jangan takut untuk melangkah, karena kalau menunggu untuk siap, bisnis tidak akan pernah mulai. Dan tentu saja, terus belajar dari pengalaman yang didapatkan selama berbisnis; seperti melihat momentum pasar, mengatur waktu dengan baik, kerjasama, dan lain sebagainya sehingga bisnis bisa terus berjalan dengan lancar. 

Nah, bagi Anda yang berminat membuka bisnis, jangan takut untuk memulai dan terus belajar. Selain melatih jiwa entrepreneurship Anda, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan. 

Yuk, mulai mengumpulkan modal untuk mendirikan bisnis sendiri! Selain menabung dan investasi, Anda juga bisa mengajukan pinjam dana online terbaik dan langsung cair untuk mendapatkan dana tambahan bagi modal usaha Anda. Pastikan bahwa Anda mengajukan pinjaman online ke perusahaan yang terdaftar OJK yang bisa membantu mendukung bisnis Anda. 

https://www.youtube.com/watch?v=-RBxLAuQgOs