Bisnis

Tips Bisnis Online; Peluang Bisnis Sewa Buku Online

tips bisnis online

Apakah Anda hobi membaca buku? Sudah berapa banyak buku yang ada di rumah Anda? Daripada dibiarkan menumpuk begitu saja, lebih baik dimanfaatkan untuk bisnis sewa buku online. Yuk, mengenal lebih jauh apa itu bisnis sewa buku online dan intip tips bisnis online suksesnya!

Bisnis sewa buku online bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mendapatkan pendapatan sampingan di tengah pandemi. Selain bisa memanfaatkan buku-buku yang ada di rumah, Anda pun bisa mendapatkan keuntungan tambahan yang ternyata jumlahnya tidak sedikit, lho. 

Salah satu contoh bisnis penyewaan buku online adalah situs ReadingWalk yang saat ini melayani wilayah DKI Jakarta. Pembaca dapat mencari judul buku yang ingin disewa melalui website ReadingWalk.com dan langsung membayar biaya sewanya secara online. Setelahnya, mereka akan mengirimkan buku yang telah Anda pesan. Sehingga, orang-orang tidak perlu keluar untuk mencari buku. Harga buku yang disewakan pun relatif terjangkau, bahkan Anda bisa menjadi anggota tetap. 

Hingga saat ini, ReadingWalk merupakan satu-satunya situs layanan sewa buku online yang menyediakan buku-buku secara lengkap, serta memiliki model bisnis yang menarik. 

Tertarik berbisnis sewa buku online? Berapa kira-kira modal yang dibutuhkan dan tips bisnis online suksesnya?

tips bisnis pemula

Modal Bisnis Sewa Buku Online

Berapa kisaran modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis sewa buku online ini?

Kira-kira, model yang dibutuhkan berkisar dibawah Rp 3 juta untuk menambah koleksi buku untuk disewakan. Jenis buku yang Anda sewakan bisa bermacam-macam, mulai dari buku pelajaran hingga komik. Serta membuat domain website online untuk bisnis Anda.

Cukup minim, bukan? Anda tidak perlu repot-repot menyediakan tempat, karena semua transaksi berbasis online. 

Untuk harga sewa buku, Anda bisa menerapkan tarif yang terjangkau. Contohnya, ReadingWalk menerapkan tarif sewa Rp6500 per buku per minggu. Selain itu, mereka juga menawarkan keanggotaan premium bagi pembaca berdasarkan jumlah buku yang bisa disewa dan periode keanggotaan yang dipilih. 

Cukup mudah dan terjangkau, bukan? Nah, apa tips bisnis online bagi Anda yang hendak memulai bisnis sewa buku ini?

Tips Bisnis Online Sukses Yang Bisa Dijalankan

Walaupun bisnis buku online ini dibuat untuk memanfaatkan buku-buku yang Anda miliki, namun tak ada salahnya untuk menambah koleksi buku yang akan disewakan. Anda bisa mencari supplier yang terpercaya yang memiliki koleksi buku lengkap,dan bisa diajak untuk bekerjasama. 

Anda juga bisa melakukan riset mengenai segmen yang akan Anda target dan apa yang mereka butuhkan. Contohnya, jika Anda menargetkan anak-anak sekolah, Anda bisa memperbanyak koleksi buku pelajaran, novel, serta komik untuk disewakan. Pelajari juga jenis-jenis buku yang akan disewakan, serta buku-buku yang best seller dan banyak dicari orang. Jangan lupa juga untuk berpromosi di media sosial, ya. 

Bisnis ini memiliki peluang yang cukup bagus di tengah masa pandemi ini. Pasalnya, ada banyak orang yang membutuhkan buku-buku untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari mengisi waktu luang, hingga untuk belajar di tengah masa belajar daring ini. 

Yuk, mulai manfaatkan peluang ini untuk berbisnis!