Bisnis

Tips Bisnis Online Pemula; Kesalahan Bisnis Di Instagram

tips bisnis online pemula

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram? Media sosial yang populer ini memiliki sekitar 69,2 juta pengguna di Indonesia. Tak heran, banyak yang menggunakan platform ini sebagai peluang untuk berbisnis. Jika Anda hendak memulai bisnis di Instagram, simak tips bisnis online pemula berikut!

Media sosial ini sudah digunakan hampir di semua negara, termasuk di Indonesia. Terutama di kalangan anak-anak muda. Saingan penjual di Instagram juga semakin banyak nih, mengingat banyaknya jumlah pengguna yang ada. 

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, hindari berbagai kesalahan berikut selama berbisnis di Instagram ya! Sehingga, bisnis Anda tidak gagal di tengah jalan.
Dikutip dari Avrist.com, berikut kesalahan berbisnis di Instagram yang harus Anda hindari!

Tips bisnis online

Rencana Bisnis Kurang Matang

Mengikuti tren yang ada memang penting dalam membangun bisnis. Namun, kesalahan yang umum dilakukan adalah hanya ikut-ikutan tren bisnis yang ada tanpa memiliki rencana bisnis yang matang. 

Berbisnis dimanapun, termasuk di Instagram, haruslah memiliki rencana bisnis yang matang. Hal ini meliputi visi dan misi usaha, deskripsi produk, target pasar, hingga strategi branding, marketing, dan operasionalnya. 

Sebelum menjalankan bisnis, buatlah rencana bisnis yang matang sebagai pedoman bisnis Anda. Sehingga, Anda tidak kehilangan fokus dalam mengembangkan usaha, serta mampu menarik investor jika bisnis Anda semakin berkembang. 

Strategi Branding Kurang Kuat

Memiliki strategi branding yang kuat merupakan hal yang penting ketika Anda berbisnis di Instagram. Terutama jika Anda membangun bisnis dengan brand sendiri yang belum dikenal oleh orang banyak. Konsep branding disini meliputi nama, tagline, logo, serta harga yang sesuai dengan target pasar dan visi usaha Anda. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari pentingnya hal ini sehingga bisnisnya gagal di tengah jalan. 

Bangunlah branding yang kuat dengan menciptakan konten yang sesuai dengan selera pasar Anda. Bagaimana cara membuat konten yang sesuai dan berkualitas? Anda bisa melakukan riset melalui online shop lain atau saingan Anda. Pelajari bagaimana cara mereka membuat konten yang sesuai dengan selera konsumen mereka. 

Modal Bisnis Terlalu Sedikit

Kesalahan bisnis di Instagram yang umum dilakukan para pebisnis adalah memulai dengan modal yang terlalu sedikit. Memang, menjalankan bisnis di Instagram membutuhkan modal yang minim. Namun, bukan berarti tidak membutuhkan modal sama sekali. 

Jika Anda sudah berbisnis di Instagram, maka Anda harus bersabar dan tidak mudah tergiur dengan keuntungan jangka pendek. Sehingga, dibutuhkan modal kurang lebih 1 tahun ke depan.
Sebaiknya, rencanakan sumber modal tambahan di samping tabungan pribadi. Jangan sampai ketika bisnis Anda sedang berkembang, modalnya malah kurang. Baik untuk kebutuhan stok barang maupun promosi.

Anda bisa mengajukan pinjaman di BFI Finance untuk mendapatkan modal tambahan dengan bunga ringan.

Semoga tips bisnis online pemula diatas dapat membantu Anda, ya! Yuk raih kesuksesan dengan memulai bisnis di Instagram!