Bisnis

Tips Bisnis Online: Pertimbangkan Hal-Hal Berikut!

tips bisnis online

Bisnis online sekarang ini semakin menjamur. Terlebih lagi sejak adanya pandemi, masyarakat cenderung berbelanja kebutuhan mereka secara online. Bagi Anda yang tengah merintis bisnis online atau hendak beralih ke bisnis online, berikut tips bisnis online yang perlu Anda simak. 

Perubahan perilaku konsumen di era new normal setelah adanya pandemi merupakan peluang bagi pelaku UMKM untuk beradaptasi. Salah satunya adalah mengalihkan bisnis mereka dari konvensional menjadi digital. Dikutip dari Nielsen (Maret, 2020), sekitar 30% masyarakat berencana memilih untuk melakukan pembelian kebutuhan mereka secara online. Termasuk kebutuhan sehari-hari, seperti membeli makanan dan kebutuhan pokok. 

Sebelum mengalihkan bisnis Anda menjadi online, salah satu tips bisnis online yang perlu dilakukan adalah, ada baiknya bagi Anda untuk melakukan riset mengenai perilaku konsumen dan faktor pendukung mereka berbelanja secara online. 

Dikutip dari Smart Money, menurut IDC, persentase masyarakat Indonesia untuk berbelanja online mencapai 13,3%. Hal ini menunjukan bahwa peluang transaksi online cukup besar. Terlebih lagi di masa pandemi ini. 

Setelah mengecek peluangnya, selanjutnya adalah mempelajari faktor pendorong dan penghambat orang-orang berbelanja online untuk menyusun strategi bisnis Anda. Menurut IDC, faktor pendorong terbesar adalah kenyamanan, diikuti oleh promosi, proses pembelian yang praktis, serta pilihan produk yang beragam. 

Sedangkan faktor penghambatnya ialah tidak bisa mencoba produk, deskripsi produk yang kurang jelas, takut penipuan, dan proses pembelian yang kurang praktis. 

Jadi, Mau Mulai Jenis Bisnis Online Apa?

tips bisnis pemula

Selanjutnya, setelah mempelajari faktor pendorong dan penghambatnya, Anda bisa menyusun strategi bisnis Anda agar pembeli tidak ragu dalam bertransaksi online. Anda bisa membuat deskripsi yang lengkap mengenai produk Anda. Memberikan promosi yang menarik. Menyederhanakan proses pembayaran dan menjamin keamanannya. Serta, meningkatkan pelayanan yang lebih optimal sehingga mereka lebih nyaman berbelanja di lapak Anda. 

Sebelum menentukan jenis bisnis yang akan Anda mulai, Anda juga harus mempelajari apa yang dibutuhkan oleh konsumen akhir-akhir ini. Contohnya, di era new normal ini, konsumen cenderung memilih berbelanja kebutuhan pokok, diikuti produk fashion dan konsumtif. 

Jadi, jenis bisnis apa yang akan Anda mulai? 

Pertama, tentukan dahulu bidang bisnis apa yang paling Anda kuasai. Apabila Anda telah menguasai bidang bisnis yang akan Anda jalani, Anda akan lebih mampu menyusun strategi bisnis lebih tepat, dan mengembangkan usaha Anda lebih cepat. 

Selanjutnya, apakah bidang tersebut memiliki prospek untuk berkembang? Anda bisa memilih produk yang sekiranya tahan lama. Contohnya makanan, kebutuhan anak, dan lain sebagainya. 

Yang terakhir, berapakah modal yang Anda miliki? Apakah sesuai dengan visi misi bisnis Anda? Selain modal dalam bentuk finansial, modal mengenai pengetahuan dan strategi bisnis yang tepat juga harus Anda pertimbangkan. 

Nah, jika Anda membutuhkan modal usaha dalam bentuk finansial, BFI Finance siap membantu Anda dalam mewujudkan mimpi usaha Anda. BFI Finance siap mendukung para pelaku UMKM dalam memberi dukungan modal, dengan jaminan BPKB kendaraan maupun sertifikat rumah. 

Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda menjalankan bisnis online Anda di era new normal, ya.