Bisnis

Tips Bisnis Online Sukses; Cara Jaga Loyalitas Pembeli

tips-bisnis-online-sukses

Teman-teman yang menjalankan bisnis online, pastinya setuju dong, kalau konsumen adalah kunci dari kesuksesan online shop Anda? Simak tips bisnis online sukses berikut, supaya pelanggan tetap berbelanja di toko online Anda!

Loyalitas konsumen tentunya menjadi penentu utama dalam kesuksesan bisnis online Anda. Di era digital ini, semakin mudah bagi konsumen untuk memilih toko online yang sesuai dengan keinginan mereka. Jika Anda tidak memiliki strategi yang tepat, mereka bisa saja memilih berbelanja di online shop lain yang sesuai dengan kriteria mereka. 

Tentunya, Anda tak mau hal ini terjadi, bukan? Berikut tips bisnis online sukses yang bisa Anda lakukan agar konsumen tetap setia berbelanja di toko online Anda!

tips bisnis online

Utamakan Kualitas Produk

Dalam berbelanja online, kualitas produk menjadi nomor satu. Anda bisa memberikan penjelasan secara detail mengenai produk yang Anda jual di kolom deskripsi. Pastikan juga bahwa produk yang Anda jual sesuai dengan foto yang ada di lapak marketplace atau akun media sosial Anda. Dengan demikian, kepercayaan pelanggan untuk berbelanja di online shop Anda tetap terjaga. 

Berikan Pelayanan yang Optimal

Selain produk, pelayanan yang optimal kepada konsumen juga menjadi kunci penentuan kesuksesan online shop Anda. Usahakan untuk menjalin komunikasi yang baik sebelum dan sesudah transaksi. Transaksi yang optimal pun juga harus transparan, cepat, dan aman.  Pastikan juga untuk menghadapi keluhan konsumen dengan sabar hingga masalahnya terselesaikan. 

Dengan menjadi penjual yang ramah dan fast respond, pelanggan tidak akan segan untuk berbelanja di gerai online Anda. 

Minta Kritik dan Saran

Setelah pembeli menerima produk Anda, Anda boleh menghubungi mereka kembali. Selain untuk mengucapkan terima kasih, Anda bisa meminta testimoni atau saran mengenai produk Anda. Tunjukkan bahwa Anda tidak hanya mengincar transaksi, namun juga kepuasan pelanggan.

Pastikan untuk selalu terbuka terhadap kritik dan saran. Sehingga jika ada kekurangan, Anda bisa meminta maaf dan memperbaiki kesalahan tersebut agar tidak terulang di kemudian hari. 

Berikan Promo Atau Penawaran Menarik

Yang terakhir, jangan lupa untuk memberikan promo atau penawaran menarik untuk konsumen yang setia berbelanja di online shop Anda. Contohnya, memberikan potongan harga atau voucher free ongkir bagi mereka yang berbelanja diatas nominal tertentu. Hal ini tentunya bisa menarik konsumen untuk tetap berbelanja di online shop Anda. 

Semoga tips bisnis online sukses tersebut bisa membantu Anda untuk mempertahankan loyalitas konsumen, ya! Yuk, pertahankan kualitas produk dan pelayanan Anda sebisa mungkin!

Butuh pinjaman untuk online shop Anda? BFI Finance siap membantu Anda lewat BFI Selfi (Self Financing) dalam bentuk pembiayaan usaha bagi Anda yang menjalankan usaha kecil hingga menengah melalui platform marketplace. Yuk, ajukan sekarang!