Bisnis

Tips Bisnis Pemula: 4 Kendala Bisnis Pertama

tips bisnis pemula

Memulai bisnis memang bukanlah hal yang sepele. Dibutuhkan banyak persiapan dan perencanaan yang matang agar bisnis yang dirintis bisa berjalan dengan lancar. Apa saja kendala bisnis yang dihadapi pertama kali, serta tips bisnis pemula untuk mengatasinya?

Di era pandemi ini, memiliki bisnis sampingan sangat dianjurkan. Bidang pekerjaan yang bisa dijalani pun variatif. Bagi Anda yang belum pernah memulai bisnis sendiri, tentunya bingung hendak memulai darimana. Banyak persiapan yang dibutuhkan, dan ada beberapa hal yang berjalan tidak sesuai dengan rencana. 

Bagi Anda yang hendak memulai bisnis, berikut 4 kendala yang sering dialami ketika memulai bisnis sendiri. Jatuh bangun memang hal yang lumrah ketika Anda merintis bisnis sendiri. Namun, diharapkan dengan mengetahui kendala-kendala berikut, Anda bisa mengantisipasi dengan membuat rencana bisnis dan persiapan yang lebih matang. 

Apa saja kendala-kendala yang umum dihadapi, serta tips bisnis pemula yang bisa Anda jalankan?

Bingung Memulai Jenis Bisnis yang Tepat

Kendala pertama yang umum dihadapi oleh calon pengusaha pemula adalah kebingungan dalam memilih jenis bisnis yang akan dijalankan. Hal ini tentunya wajar, karena jenis bisnis yang bisa dijalankan beragam jenisnya. 

Solusinya adalah, carilah jenis bisnis yang sesuai dengan keahlian dan kemampuan Anda. Dengan demikian, persiapan yang diperlukan akan lebih mudah dan matang. Jangan menjalankan bisnis hanya karena ikut-ikutan tren yang sedang umum, namun tidak sesuai dengan kemampuan finansial maupun keahlian Anda. Pastikanlah untuk membuat gambaran dan perencanaan yang matang. 

Takut Untuk Memulai

Kendala lain yang dihadapi oleh para calon pengusaha adalah takut untuk memulai. Ketakutan yang membayangi bisa bermacam-macam. Bisa jadi takut gagal, takut kehilangan waktu, dan lain sebagainya. 

Seperti yang telah disebutkan, jatuh bangun adalah hal yang lumrah dalam berbisnis. Apabila Anda telah membuat perencanaan yang matang, tetaplah bersikap positif. Anda bisa menambah ilmu bisnis Anda agar lebih percaya diri dalam memulai bisnis Anda. Seperti mengikuti seminar, belajar dari para pengusaha yang telah berpengalaman, dan masih banyak lagi. 

Karena jika Anda terus menunda, bisnis tersebut tidak akan bisa terealisasikan. 

Masih Nyaman dengan Pekerjaan Utama

Beberapa calon pengusaha masih terlalu nyaman dengan pekerjaan utama mereka. Akhirnya, niat untuk menjalankan usaha sendiri sulit untuk diwujudkan. Terlebih lagi, jika Anda telah menekuni pekerjaan kantoran dalam waktu yang cukup lama. 

Padahal, baik pekerjaan kantoran maupun pribadi bisa dijalankan secara bersamaan. Asalkan, Anda mampu disiplin dan membagi waktu agar kedua bisnis tersebut bisa berjalan secara bersamaan. Cobalah menerapkan manajemen waktu yang baik dengan mencoba membuat jadwal harian Anda sendiri, agar pekerjaan Anda bisa berjalan dengan lancar. 

Modal Usaha Kurang

Kendala lain yang umum dihadapi oleh para calon pengusaha adalah modal usaha yang tidak cukup untuk merintis bisnis pertama mereka. Banyak dari mereka yang takut untuk memulai karena tidak memiliki modal untuk menjalankan bisnis.

Solusinya adalah, jalankan bisnis dalam skala kecil terlebih dahulu. Sekarang ini, banyak bisnis berbasis rumahan yang bisa dijalankan dengan modal minim. Sehingga, Anda tidak kesulitan dalam menjalankannya. Secara bertahap, Anda bisa mengembangkannya ke skala yang lebih besar. 

Jika Anda membutuhkan tambahan modal, ada berbagai cara untuk mendapat dana tambahan. Salah satunya adalah mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan yang terpercaya. Seperti BFI Finance yang menyediakan layanan pinjaman modal usaha hanya dengan modal BPKB kendaraan bermotor Anda. 

Semoga tips bisnis pemula tersebut dapat bermanfaat bagi Anda, ya!