Bisnis

Tips Bisnis Pemula; Mulai Bisnis Saat Pandemi

tips bisnis pemula

Adanya pandemi virus COVID19 telah berimbas kepada semua pihak. Baik itu pihak pekerja maupun pengusaha. Namun, bagi Anda yang baru saja hendak memulai bisnis, hal tersebut tidaklah mustahil, lho. Ada sejumlah tips bisnis pemula agar usaha kecil bisa tetap bertahan di tengah pandemi. 

Walaupun pandemi ini membawa banyak kerugian bagi kita semua, ternyata masih ada sisi positif yang bisa diambil bagi para pelaku bisnis. Yaitu, situasi ini ternyata bisa menjadi peluang untuk menjalankan usaha. 

Bryant Christanto selaku CEO Paxel Indonesia menuturkan bahwa saat ini, bisa dilihat secara umum bahwa perilaku konsumsi masyarakat berubah karena adanya pandemi. Yaitu, mereka semakin mengarah ke ranah online untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sejak Februari 2020, aktivitas berbelanja online meningkat hingga 32%. Hal ini bisa menjadi peluang bagi para pengusaha untuk merintis usaha di ranah online.

Selain itu, memulai bisnis dengan skala kecil hingga menengah merupakan tips bisnis pemula lain yang bisa Anda lakukan. Contohnya, menjalankan bisnis frozen food yang permintaannya meningkat hingga saat ini. 

Bisnis dengan skala kecil hingga menengah tetap memiliki kesempatan untuk meraih keuntungan di tengah pandemi ini. Dikutip dari Suara.com, Paxel Indonesia merangkum 3 tips bisnis pemula dari berbagai mitra yang bisa dilakukan agar para pelaku bisnis bisa meraih keuntungan. 

Inovasi Berdasarkan Kebutuhan Masyarakat

tips bisnis online

Yang pertama, jangan takut untuk berinovasi dan lebih flexibel dengan bisnis Anda. Usahakan untuk menyediakan produk yang permintaannya banyak atau sedang banyak dicari oleh masyarakat. 

Contohnya Asri, pemilik usaha Jahitin.com. Awalnya bisnisnya memproduksi baju dan dress untuk wanita. Namun, melihat kebutuhan masker yang meningkat, ia mencoba untuk lebih fleksibel dengan kebutuhan masyarakat. 

Apabila Anda memiliki kemampuan dan bahan baku, tak ada salahnya untuk berinovasi berdasarkan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh akan lebih maksimal. Sebelum memulai, Anda bisa menganalisa terlebih dahulu apa yang tengah menjadi kebutuhan masyarakat. 

Memperhatikan Standar Kualitas Produk

tips bisnis kuliner

Selanjutnya, setelah Anda memutuskan untuk berjualan produk apa, Anda juga harus memastikan dan mempertahankan kualitas produk Anda. Yakinkan pelanggan Anda bahwa produk akan sampai di tangan mereka dengan cepat dan aman. 

Contohnya, jika Anda menjual makanan, Anda bisa menggunakan box berbahan aman dan kuat, menambahkan ice gel, dan menghindari makanan tersebut terguncang ketika dikirim. 

Contohnya Honny selaku pemilik usaha Bakso Ati Raja Makassar. Walaupun warung baksonya tidak bisa beroperasi, ia tetap melayani pembeli dengan sistem delivery. Kualitas dan bahan bakso ia pastikan tidak berubah agar produk tetap bertahan di pasaran. 

Manfaatkan Layanan Same-day Delivery

tips bisnis sukses

Selain mempertahankan kualitas produk, Anda juga harus mempertahankan kualitas pelayanan Anda agar bisa bertahan di tengah pandemi. Terutama jika Anda berjualan secara online.

Pastikan bahwa produk bisa sampai ke tangan pembeli dengan cepat dan aman. Anda bisa memanfaatkan layanan same-day delivery atau pengiriman di hari yang sama. Sehingga produk Anda bisa cepat sampai dan tidak rusak di perjalanan. 

Contohnya Andrew Prasetya, pemilik usaha Boncafe Surabaya. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, ia bisa mengirim produk jualannya ke luar kota dengan cepat dan aman. 

Semoga tips bisnis pemula tersebut bisa bermanfaat bagi Anda, ya. Selama pandemi ini, manfaatkanlah peluang usaha yang ada dan maksimalkanlah pemasukan Anda selama di rumah saja.