Bisnis

Tips Bisnis Sampingan; Cara Stok Barang Cepat Laku

tips bisnis sampingan

Stok barang yang laris dan cepat habis tentunya merupakan keinginan semua penjual. Namun, ada beberapa faktor yang menyebabkan stok barang menumpuk di gudang. Apakah Anda tengah menjalankan bisnis sampingan, namun masih banyak stok barang yang menumpuk di gudang? Berikut tips bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan agar stok barang Anda bisa cepat laku! 

Tips bisnis sampingan ini berguna bagi Anda baik yang menjalankan toko online maupun konvensional. Terutama jika Anda menjual produk yang memiliki tanggal kadaluarsa. Tentunya harus cepat dijual sebelum tanggal kadaluarsanya tiba. 

Ada beberapa trik yang harus Anda lakukan apabila ingin barang tersebut cepat terjual. Sehingga, Anda bisa menghindari kerugian dalam jumlah besar. 

Apa saja yang bisa Anda lakukan agar stok barang yang Anda miliki bisa cepat laku? Dikutip dari Modalku, berikut tips bisnis yang bisa Anda coba!

Tips bisnis

Memilah Produk

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilah-milah terlebih dahulu produk yang Anda miliki. Pisahkan mana produk yang paling laris dengan barang yang kurang laku. 

Setelahnya, Anda bisa memisahkan kembali berdasarkan yang tanggal kadaluarsanya lebih dekat. Sehingga, Anda bisa menyusun strategi selanjutnya mana barang yang harus dijual terlebih dahulu. 

Dengan demikian, Anda bisa mengurangi resiko mengalami kerugian dalam jumlah besar.  

Promosi Lebih Gencar

Setelah memisahkan produk yang laris dengan yang kurang laku, langkah selanjutnya adalah mempromosikan barang yang kurang laku tersebut dengan lebih gencar. Promosikanlah seolah-olah produk tersebut paling laris di toko Anda. 

Anda bisa mempromosikan via online untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Mulai dari iklan berbayar, hingga endorsement. Bisa juga mengadakan kuis atau giveaway yang hadiahnya berupa produk kurang laku tersebut. 

Selain promosi via online, Anda juga bisa menawarkan harga yang menarik dengan memberikan diskon. Jika toko Anda memiliki lapak di marketplace online, Anda bisa memasukan produk tersebut dalam kategori flash sale. Hal ini akan memancing orang-orang untuk membeli produk tersebut. Sehingga, produk tersebut bisa terjual lebih cepat. 

Jual Dengan Sistem Paket Bundling

Trik lain yang bisa Anda lakukan adalah menjual produk kurang laku tersebut dengan sistem paket bundling. Apa itu paket bundling? Paket bundling merupakan suatu strategi dimana produk-produk yang Anda jual dikelompokan secara sekaligus dalam satu kemasan penjualan. Biasanya, produk yang kurang laku ini akan dijual sepaket dengan produk yang laris. Harganya pun lebih murah dibandingkan membeli produk tersebut secara satuan. 

Dengan demikian, stok barang yang Anda jual tidak akan menumpuk. Kerugian karena menyetok barang terlalu lama pun bisa dihindari. Pembeli juga akan diuntungkan dengan mendapatkan produk dalam jumlah banyak dan harga yang lebih rendah. 

Itulah beberapa trik yang bisa Anda lakukan apabila stok barang jualan Anda masih menumpuk. Semoga tips bisnis sampingan berikut berguna bagi Anda, ya!