Bisnis

Tips Bisnis Tanah Kosong Jadi Lahan Hidroponik

Tips bisnis tanah kosong

Bercocok tanam menjadi aktivitas yang dilakukan banyak orang sejak adanya pandemi. Jika Anda termasuk yang menggeluti hobi ini, manfaatkanlah menjadi lahan bisnis sampingan! Contohnya, berbisnis hidroponik. Berikut tips bisnis tanah kosong yang bisa Anda manfaatkan jadi lahan bisnis hidroponik. 

Hidroponik sendiri memiliki arti bercocok tanam dengan menggunakan media air, nutrisi, dan oksigen. Apabila Anda hendak memulai bisnis hidroponik, maka Anda tidak perlu susah payah mencari tempat untuk memulai bisnis tersebut. Anda cukup memanfaatkan lahan atau tanah kosong yang ada di sekitar rumah, dan tidak perlu lahan yang luas. 

Apa saja tips memanfaatkan tanah kosong jadi lahan hidroponik? Berapa modal yang dibutuhkan untuk berbisnis hidroponik? Yuk, simak ulasannya!

tips bisnis online

Tips Bisnis Lahan Kosong Untuk Hidroponik

Karena teknik bercocok tanam hidroponik sedikit berbeda, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis ini. Anda bisa belajar terlebih dahulu mengenai cara bercocok tanam hidroponik dari internet atau buku-buku khusus tanaman. Contohnya metode produksi, peningkatan produktivitas pertanian, dan lain sebagainya. 

Setelah memiliki pengetahuan pertanian yang cukup, Anda bisa menentukan jenis tanaman yang akan Anda tanam. Pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan banyak diminati banyak orang. Ada beberapa jenis sayur yang mudah ditanam oleh pemula dan banyak peminatnya. Contohnya sawi hijau, brokoli, seledri, selada air, bayam, dan cabai. Beberapa jenis tanaman tersebut mudah dirawat dan cepat tumbuh. 

Apabila tanaman yang Anda rawat sudah siap panen, maka Anda bisa menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang membutuhkan. Anda bisa memberi pasokan sayuran kepada restoran atau hotel-hotel untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. 

Berapa Modal Usaha Hidroponik?

Setelah membaca ulasan diatas, apakah Anda tertarik berbisnis hidroponik? Ternyata, selain lahan minim, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, lho!

Dikutip dari Oke Finance, menurut Nursyamu Mahyudin, Dirut PT Nudira Sumberdaya Indonesia, modal yang harus dipersiapkan pengusaha hidroponik pemula cukup minim. Yaitu hanya sebesar Rp 2juta – Rp20 Juta. Karena, Anda bisa bercocok tanam dengan memanfaatkan halaman rumah atau teras saja. 

Nursyamsu menuturkan jika bisnis hidroponik Anda sudah berkembang dalam skala besar, maka Anda membutuhkan modal antara Rp200 juta hingga Rp 1 miliar. Modal usaha tersebut digunakan untuk membeli tanah tempat bercocok tanam, serta membangun green house dan mempekerjakan beberapa pegawai. 

Tertarik mempraktekan tips bisnis tanah kosong atau mengembangkan usaha Anda? Yuk ajukan pembiayaan untuk modal usaha tambahan melalui BFI Finance!