Gaya Hidup

Tips Finansial Untuk Dapatkan 100 Juta Pertamamu

tips finansial

Pernah membayangkan nggak sih, kalau tiba-tiba Anda dapat 100 juta? Pastinya ingin banget, kan? Keinginan tersebut sebenarnya bisa Anda wujudkan, lho! Yuk, simak tips finansial berikut yang bisa Anda coba untuk meraih Rp100 juta!

Semua orang tentunya ingin punya uang banyak untuk berbagai keinginan. Untuk travelling, beli rumah, belanja, dan masih banyak lagi. Tentunya, Anda bebas melakukan apapun, asalkan ada uangnya. Sayangnya, mendapatkan Rp100 juta sepertinya mustahil, ya. 

Namun, bagaimana jika benar-benar ada cara buat Anda mendapatkan Rp100 juta pertama Anda? Selain investasi, ada beberapa tips finansial yang bisa Anda coba, nih! Jika benar-benar dijalankan, mendapatkan Rp100 juta bukan hal yang mustahil, lho!

Finansial adalah

Tentukan Target

Untuk mencapai Rp100 juta, Anda harus menentukan target yang jelas. Misalnya, berapa lama Anda akan meraih 100 juta pertama. Dengan adanya target yang jelas, maka Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk meraih impian Anda. Tentukan target yang jelas dan realistis, ya. 

Misalnya, Anda ingin meraih 100 juta dalam waktu setahun. Jika waktunya setahun, maka bagi Rp100 juta dengan 12 bulan, yakni yakni Rp8,3 juta. Artinya, Anda harus bisa berkomitmen untuk menabung sebesar ini setiap bulannya. Sesuaikan target dengan jumlah pendapatan dan kebutuhan sehari-hari Anda. Karena, setiap orang tentunya memiliki kondisi yang berbeda-beda. 

Kurangi Jajan

Membeli makan di luar memang terlihat sepele. Akan tetapi, tentunya Anda pernah mendengar pepatah ‘hemat pangkal kaya’, bukan? Walaupun nominalnya sedikit, namun tanpa Anda sadari, membeli makanan atau minuman setiap hari juga membuat Anda boros, lho!

Katakanlah setiap hari Anda membeli makanan atau minuman kekinian dengan harga termurah Rp.20.000. Dalam sebulan, uang yang telah Anda keluarkan untuk jajan adalah Rp. 600.000, lalu jika dikalikan 1 tahun jumlahnya akan mencapai 7.200.000. Padahal, jumlah uang ini bisa lebih bermanfaat jika Anda tabung atau investasikan. 

Hitung Pemasukan Finansial

Untuk menyisihkan sejumlah uang sesuai dengan target yang Anda tentukan, Anda harus menentukan pendapatan yang harus diperoleh. Contohnya, jika Anda hendak menabung 8,3 juta per bulan. Anda bisa menggunakan formula 50-40-10.  50% untuk kebutuhan, 40% tabungan atau investasi, dan 10% untuk gaya hidup.Jika Rp8,3 juta adalah 40 persen dari pendapatan Anda, berarti pendapatan yang harus Anda dapatkan adalah Rp 21 juta. 

Lalu, bagaimana jika pendapatan Anda tidak sebesar itu? Maka, Anda harus mencari sumber pemasukan tambahan. Anda bisa melakukan pekerjaan freelance, atau membuka usaha kecil-kecilan Anda sendiri. Pemasukan sampingan juga bisa dilakukan secara online, lho!

Anda bisa mengajukan pembiayaan modal usaha kecil-kecilan di BFI Finance untuk mendapatkan modal awal usaha Anda. 

Itulah sejumlah tips finansial yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan 100 juta pertama Anda. Yuk, wujudkan mimpi finansial Anda!