Pinjaman

Tips Gadai Mobil Anti Gagal Ala BFI Finance

gadai mobil

Ketika seseorang menghadapi keadaan dimana mereka membutuhkan dana dalam jumlah besar, ada beberapa alternatif yang bisa diambil. Misalnya, mengajukan pinjaman kepada kerabat, perbankan, atau lembaga keuangan. Salah satu alternatif yang sering diambil adalah mengajukan pinjaman dengan jaminan kendaraan seperti gadai mobil

Dengan gadai mobil, Anda mengajukan pinjaman dengan menjaminkan BPKB kendaraan Anda ke lembaga keuangan. Nantinya, Anda akan mendapatkan pencairan dana beberapa persen dari nilai kendaraan yang Anda jaminkan tersebut. Umumnya, pengajuan pinjaman dengan gadai BPKB mobil dilakukan untuk kebutuhan yang membutuhkan modal besar. Contohnya, kebutuhan yang darurat atau modal usaha tambahan untuk mengembangkan usaha. 

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar pengajuan pinjaman Anda bisa disetujui oleh lembaga keuangan atau fintech. Kali ini, BFI Finance akan membagikan tipsnya! Apa saja tips yang harus Anda perhatikan?

gadai bpkb mobil

Memenuhi Syarat Sebagai Nasabah Gadai Mobil

Tentunya, tidak sembarang orang yang bisa mengajukan pinjaman. Anda harus berusia 21 hingga 60 tahun dan memiliki penghasilan tetap sebagai karyawan atau wiraswasta minimal selama setahun. Beberapa lembaga keuangan mungkin menetapkan persyaratan nasabah yang berbeda. Namun, secara umum, ada persyaratan minimal usia dan jenis profesi yang harus dipenuhi. 

Memenuhi Syarat Dokumen Gadai Mobil

Ketika Anda mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil, ada beberapa dokumen yang harus Anda persiapkan. Berkas-berkas dokumen ini diperlukan agar lembaga keuangan bisa menilai kelayakan dan kemampuan Anda dalam membayar pinjaman. 

Dokumen yang harus Anda persiapkan pada umumnya adalah:

  • KTP Peminjam
  • Kartu Keluarga
  • Nomor pokok wajib pajak (NPWP)
  • Rekening 3 bulan terakhir
  • Slip gaji karyawan atau surat keterangan penghasilan
  • Dokumen Aset Jaminan (STNK, BPKB, Pajak, Faktur)
  • Data Domisili (ID PEL listrik / Rek listrik terakhir / PBB terakhir / SHM / AJB / PK)

Perhatikan Kondisi Mobil

Dalam proses gadai BPKB mobil, Anda juga harus memperhatikan kondisi dan usia mobil yang akan dijadikan aset jaminan. Mobil yang bisa dijaminkan harus berusia maksimal 10 tahun dengan BPKB asli. Selain itu, mobil juga harus dalam kondisi baik, tidak dalam keadaan rusak ketika di survey. Beberapa lembaga keuangan menetapkan syarat tertentu untuk merk dan jenis mobil yang bisa dijaminkan.

Apabila Anda dinilai telah memenuhi semua persyaratan, maka Anda bisa mendapatkan pencairan 60% – 85% dari nilai mobil yang Anda jaminkan. 

Memiliki STNK atau Pajak Atas Nama Sendiri

Yang terakhir, pastikan bahwa STNK atau pajak mobil Anda atas nama sendiri. Apabila masih atas nama orang lain, Anda bisa mengajukan balik nama. Selain itu, pastikan juga pajak mobil dalam kondisi hidup agar pencairan yang Anda dapatkan bisa lebih maksimal. 

Semoga tips diatas dapat membantu Anda agar proses pengajuan pinjaman Anda lancar, ya! Yuk gadai BPKB mobil Anda di BFI Finance dan dapatkan pinjaman dana untuk berbagai kebutuhan Anda.