Gaya Hidup

Tips Gaya Hidup Minimalis Ala BFI Finance

bfi finance

Pernahkah Anda mendengar konsep gaya hidup minimalis? Tren hidup minimalis ini berasal dari Jepang sejak penulis bernama Marie Kondo menulis buku yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up (keajaiban beres-beres yang mengubah hidup). Kali ini, BFI Finance akan mengulas tentang beberapa cara hidup minimalis yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. 

Gaya hidup minimalis sendiri berarti hidup secara sederhana, sehingga otomatis berkaitan erat dengan penghematan. Pola hidup ini dipengaruhi oleh Filosofi Buddhism Zen “less is more”. Artinya, Anda harus mengurangi pola hidup konsumtif dengan hidup sederhana dan mengurangi berbelanja barang baru yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Selain orang-orang Jepang, beberapa orang di Amerika Serikat juga mulai menjalani gaya hidup minimalis ini. Mereka mengisi perabotan yang hanya diperlukan di rumah atau apartment mereka dan sisanya dibiarkan kosong. 

Ternyata, gaya hidup minimalis ini juga bisa memberikan dampak positif untuk keadaan finansial Anda. Pengeluaran Anda akan berkurang karena Anda hanya membeli barang-barang yang benar-benar diperlukan. Anda juga bisa memiliki rencana keuangan yang lebih tertata. 

Dengan rencana keuangan yang baik, Anda bisa lebih fokus kepada tujuan hidup Anda.

Tertarik untuk memulai gaya hidup minimalis? Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai!

Produk BFI

Menyortir Ulang Barang-barang di Rumah

Langkah pertama untuk memulai hidup minimalis adalah dengan mulai merapikan tumpukan barang. Singkirkan dan sumbangkan benda-benda yang sudah tidak dipakai lagi. Selain membuat rumah Anda lebih lega, Anda juga bisa menolong mereka yang benar-benar membutuhkan barang tersebut. 

Belajar Merawat Barang

Untuk menjalani gaya hidup minimalis, Anda juga harus mulai belajar merawat barang-barang yang dibutuhkan. Apabila barang-barang Anda awet, maka Anda tidak perlu membeli barang baru. Pengeluaran Anda pun bisa lebih ditekan. Jika harus membeli barang, pastikan untuk membeli barang yang kualitasnya baik. Jangan tergoda untuk membeli barang hanya karena sedang ada diskon. 

Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Selanjutnya, Anda harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan demikian, Anda bisa mencegah pengeluaran untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Coba tanyakan beberapa pertanyaan pada diri Anda sendiri sebelum membeli barang. Seperti “apakah saya membutuhkan benda tersebut sekarang?” “apakah benda tersebut ada penggantinya?” Dengan demikian, Anda bisa memutuskan dengan lebih cermat. 

Menyusun Anggaran  

Yang terakhir, pastikan untuk menyusun anggaran pemasukan dan pengeluaran Anda. Jangan lupa juga untuk memilah kembali daftar hal-hal yang diinginkan agar pengeluaran Anda bisa lebih minimal. 

Di Youtube Channel BFI Finance, Anda bisa melihat tips lebih lengkap mengenai kiat-kiat gaya hidup minimalis. Yuk, mulai gaya hidup minimalis secara perlahan mulai dari sekarang!