Bisnis

Tips Kerja Lepas di Tengah Pandemi ala BFI Finance

BFI Finance Indonesia

Pandemi Corona telah membawa dampak yang cukup signifikan pada sektor perekonomian di Indonesia. Pekerja lepas atau freelancers merupakan salah satunya yang mengalami dampak paling signifikan. Dalam ulasan kali ini, BFI Finance akan membagikan tips agar para pekerja lepas dapat bertahan di tengah pandemi.  

Profesi pekerja lepas memang tengah ditekuni banyak orang sebelum adanya pandemi. Menurut survei dari PT Sribu Digital Kreatif, sekitar 53% dari pekerja lepas di Indonesia telah menjalankan profesi mereka lebih dari 5 tahun dan menjadikan pekerjaannya sebagai tumpuan hidup. Alasannya bermacam-macam. Mulai dari waktu dan lokasi kerja yang fleksibel, kualifikasi pendidikan, hingga jumlah pendapatan yang dinilai cukup menjanjikan. 

Namun akibat adanya pandemi ini, para pekerja lepas kesulitan menghadapi tantangan mengenai pendapatan mereka yang menurun atau tidak tetap. 

Apakah Anda juga berprofesi sebagai pekerja lepas? Lantas, bagaimanakah caranya agar tetap mampu bertahan di tengah pandemi? 

Berikut beberapa tips yang dibagikan oleh Fathony Rahman, Dekan Sekolah Bisnis & Ekonomi Universitas Prasetya Mulya. 

produk bfi

Siapkan Tabungan yang Cukup

Yang pertama, Fathony menyarankan agar dana yang Anda miliki diprioritaskan untuk kebutuhan yang sifatnya pokok. Kesampingkan dahulu kebutuhan yang sifatnya sekunder agar mampu bertahan di tengah pandemi. Apabila 60-70% penghasilan bulanan Anda telah mencukupi kebutuhan bulanan Anda, maka keuangan Anda termasuk dalam kondisi aman. Setelah itu, sisanya disisihkan untuk tabungan dan investasi. 

Pastikan juga bahwa syarat dan ketentuan penagihan ke klien Anda jelas. Hal ini agar kas keuangan Anda tidak terganggu. Serta, Anda bisa menyisihkan sebagian untuk tabungan dan dana darurat. 

Perbaiki Pola Pikir dan Kualitas Diri

Di tengah situasi ini, mungkin proyek yang datang tidak sebanyak dahulu karena keadaaan yang masih belum stabil. Nah, saran kedua adalah, ada baiknya waktu luang ini Anda perbaiki untuk meningkatkan skill dan kualitas diri Anda. 

Anda bisa mengikuti webinar atau kursus online gratis. Saat ini, banyak webinar dan kursus gratis yang disediakan oleh instansi pemerintah maupun swasta. Dengan mengasah keahlian dan kualitas diri Anda, Anda memiliki peluang lebih besar untuk meningkatkan hasil kerja Anda. Jangan ragu juga untuk melakukan inovasi mengenai produk atau jasa Anda. Sehingga produk atau jasa Anda lebih diminati oleh masyarakat.  

Tetap Mencari Peluang Baru

Yang terakhir, Fathony menganjurkan agar para pekerja lepas tidak berhenti dalam mencari peluang baru. Lakukanlah alternatif lain, contohnya melakukan pivot usaha menjadi mitra merchant transportasi online. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk mencari informasi lowongan pekerjaan melalui situs-situs terpercaya. Contohnya Freelancer Indonesia, Sribulancer, Problogger, dan lain sebagainya. 

Semoga tips dari BFI Finance tersebut dapat membantu Anda, ya. Tetap semangat dan jaga kesehatan!