Gaya Hidup

Tips Keuangan; Cek Ini Saat Belanja Online!

tips keuangan

Festival belanja 9.9 sudah di depan mata, nih. Surganya bagi Anda yang hobi berbelanja online. Para e-commerce telah menyiapkan penawaran mengenai diskon dan potongan harga yang menarik. Sebelum check out barang-barang di keranjang Anda, simak tips keuangan berikut terlebih dahulu, ya!

Berbelanja online selain mengasyikan, juga lebih aman untuk dilakukan di tengah pandemi ini. Sejak adanya PPKM darurat, kegiatan belanja secara online kembali digencarkan. Tujuannya tentunya untuk membatasi mobilitas masyarakat. Belanja online pun sekarang mudah dan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan berupa diskon dan potongan harga. 

Meskipun demikian, Anda harus tetap berhati-hati dan cermat dalam berbelanja online, ya! Jangan sampai malah tertipu atau malah menjadi boros, yang tentunya membahayakan kondisi keuangan Anda. 

Supaya belanja online lebih aman dan tenang, yuk simak tips keuangan berikut mengenai hal-hal yang harus Anda cek ketika belanja online!

keuangan adalah

Cek Reputasi Dan Ulasan

Hal pertama yang harus Anda cek tentunya reputasi mengenai toko online yang Anda pilih. Selain dari jumlah bintang, yang terpenting adalah cek ulasan dari pembeli. Melalui kolom komentar, Anda bisa melihat respons pembeli mengenai produk yang Anda incar. Selain mengecek reputasi, Anda juga bisa mengetahui apakah toko online tersebut masih aktif atau sedang vakum. 

Cek Deskripsi Produk

Deskripsi produk juga seringkali luput dari perhatian pembeli online. Pastikan untuk mengecek baik-baik deskripsi dan foto produk yang Anda incar. Seperti spesifikasi barang yang lebih detail, ketersediaan barang, ukuran, warna, hingga tanggal kadaluarsa jika ada. Jangan ragu untuk menanyakan lebih lanjut ke penjual jika kurang jelas. 

Cek Fasilitas

Sebaiknya ketika hendak berbelanja online, cek terlebih dahulu apakah ada fasilitas yang bisa Anda gunakan jika barang tidak sesuai dengan foto. Misalnya, fasilitas retur atau fasilitas pelaporan apabila penjual memang berniat menipu. Pastikan juga untuk selalu bertransaksi di platform e-commerce yang resmi sehingga Anda bisa melaporkan penjual ke pihak e-commerce.

Cek Barang Saat Diterima

Mengecek barang ketika pertama kali sampai di tangan Anda juga penting. Biasakan untuk mengambil foto atau video ketika Anda unboxing produk yang Anda beli. Sehingga, jika Anda merasa dirugikan, Anda memiliki bukti untuk melaporkannya ke penjual. Pastikan juga untuk menyimpan bukti transfer hingga barang benar-benar sampai ke tangan Anda. 

Itulah beberapa hal yang harus Anda cek ketika berbelanja online. Jadi, mau check out apa nih Anda hari ini?

Selain menjadi pembeli online, Anda juga bisa menjadi penjual online di tengah pandemi untuk menambah pemasukan. Misalnya, menjadi reseller baju, makanan, dan masih banyak lagi. 

Belum ada modal untuk menjalankan usaha online? Tenang, BFI Finance siap membantu Anda! Lewat produk pinjaman BFI SELFI, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan hingga Rp25 juta untuk usaha online Anda. Wujudkan usaha online impian Anda dengan BFI Finance!