Gaya Hidup

Tips Keuangan Jika Pekerjaan Utama Hilang

tips keuangan

Dalam hidup ini, masa depan memang tidak bisa ditebak. Seperti roda yang berputar, keadaan Anda boleh jadi membaik hari ini, dan mengalami hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Begitu pula sebaliknya. Terutama di masa pandemi ini, dimana keadaan keuangan tengah tidak stabil. Berikut tips keuangan yang bisa Anda simak apabila Anda tengah kehilangan pekerjaan utama Anda. 

Di masa pandemi ini, banyak pekerja yang terpaksa harus kehilangan pekerjaannya karena keadaan keuangan perusahaan yang tengah menurun. Hal ini tentunya merupakan situasi yang tidak diinginkan semua orang. Terlebih lagi jika pekerjaan utama hilang dan masih ada kredit yang harus dilunasi. 

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menyikapi situasi yang tidak diinginkan ini? Dikutip dari Julo, berikut tips keuangan yang bisa Anda lakukan apabila Anda tengah kehilangan pekerjaan utama Anda. 

Keuangan adalah

Manfaatkan Pesangon

Ketika Anda kehilangan pekerjaan utama Anda, jangan langsung berkecil hati. Hal ini tidak berarti Anda tidak mendapatkan apa-apa. Seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang no 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pekerja berhak mendapatkan pesangon oleh perusahaan yang melakukan PHK. Umumnya, besarnya pesangon berkisar antara 1-9x gaji, tergantung pada masa kerja karyawan tersebut. Serta uang penghargaan masa kerja yang berkisar antara 2-10x gaji tergantung masa kerja. 

Anda bisa memanfaatkan pesangon tersebut untuk melunasi semua kredit dan hutang yang Anda miliki, serta untuk bertahan hidup hingga beberapa bulan kedepan. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan dana darurat yang Anda miliki dan gunakan dengan cermat. 

Jual Aset Berharga

Selain memanfaatkan pesangon yang Anda terima, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjual aset berharga Anda. Terutama apabila dana pesangon yang Anda terima tidak cukup untuk melunasi hutang Anda. Misalnya emas, tanah, dan aset berharga lainnya. 

Jangan takut akan kehilangan aset-aset berharga yang Anda miliki. Karena, yang terpenting adalah keadaan yang harus Anda hadapi sekarang. Ingatlah bahwa setelah keadaan keuangan kembali stabil, Anda bisa menabung untuk mengumpulkan aset berharga Anda kembali. 

Coba Jadi Pekerja Lepas

Sementara sebelum mendapat pekerjaan utama, Anda bisa mencoba peluang sebagai pekerja lepas atau freelancer dengan bidang yang Anda kuasai. Misalnya, design, menulis, fotografi, dan lain-lain. Selain bisa mendapat pemasukan sementara, Anda juga memiliki waktu yang fleksibel sehingga tidak mengganggu proses pencarian pekerjaan utama. Anda juga bisa meningkatkan kemampuan diri sehingga tetap produktif dan sebagai bekal untuk pekerjaan yang baru di kemudian hari. 

Itulah beberapa tips keuangan yang bisa Anda lakukan jika pekerjaan utama Anda hilang. Tetap semangat dan jangan berhenti berusaha, ya.