Gaya Hidup

Tips Keuangan Keluarga Aman Saat Ramadhan

tips keuangan keluarga

Selamat datang bulan Ramadhan, bulan penuh ampunan. Di bulan suci ini, selain mempersiapkan batin dan fisik, mempersiapkan keuangan juga tak kalah penting. Simak tips keuangan keluarga berikut agar tetap aman dan nyaman di bulan Ramadhan!

Mengatur keuangan keluarga tidak kalah penting. Hal ini agar keuangan keluarga Anda tidak boros hingga nanti mencapai Hari Raya Idul Fitri. kebutuhan dan keinginan yang bertambah di bulan Ramadhan, juga harga barang-barang pokok yang naik dapat membuat keuangan keluarga Anda boros apabila tidak diatur dengan baik.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan keluarga agar tetap aman di bulan ramadhan? Yuk, simak tips keuangan keluarga berikut yang bisa Anda lakukan!

tips keuangan

Susun Budget Ramadhan

Di hari-hari pertama bulan puasa ini, sebaiknya Anda menyusun dan merencanakan budget selama satu bulan kedepan. Tujuannya adalah untuk mengontrol pengeluaran rutin dan tidak rutin Anda. Seperti tagihan listrik, air, hingga yang tidak rutin seperti kebutuhan pokok keluarga. 

Dengan menyiapkan budget, Anda bisa mengalokasikan dana dengan cermat dan tidak berbelanja secara berlebihan. Anda pun bisa mengetahui pengeluaran apa yang bisa dikurangi agar tidak boros. 

Jangan lupa juga untuk menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan yang tidak terduga di bulan Ramadhan.

Belanja Kebutuhan Secukupnya

Setelah menyusun budget, selanjutnya adalah batasi pengeluaran yang bisa dikurangi. Anda harus konsisten dengan batasan anggaran yang telah disusun dan jangan berbelanja secara kompulsif. 

Anda bisa mempersiapkan untuk berbelanja kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari Ramadhan mulai dari sekarang. Karena, harga kebutuhan pokok masih terjangkau. Sehingga, pengeluaran Anda bisa tetap terjaga. 

Atur Alokasi THR

Jelang Idul Fitri, bagi Anda yang bekerja pasti akan mendapatkan THR. Namun, sebaiknya THR Anda alokasikan agar tidak terbuang begitu saja, ya!

Jangan menggunakan THR hanya untuk kebutuhan konsumtif. Namun, alokasikan juga agar THR Anda bisa dipergunakan dengan cermat. 

Setelah Ramadhan, Anda bisa mengalokasikan THR untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari sedekah, pembayaran zakat, investasi, hingga dana darurat. Manfaatkanlah THR yang ada sebaik mungkin!

Memanfaatkan Peluang Usaha Sampingan

Di bulan Ramadhan ini juga merupakan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan pendapatan sampingan. Karena, di bulan ini, permintaan akan berbagai kebutuhan semakin meningkat. Baik kebutuhan makan, ibadah, hingga konsumtif. 

Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjalankan usaha sampingan. Ada berbagai usaha yang bisa Anda jalankan di bulan ini. Mulai dari usaha takjil, souvenir khas Ramadhan, perlengkapan ibadah, hingga yang digital seperti reseller toko online dan kerajinan tangan. Banyak, bukan?

BFI Finance dapat mendukung Anda dalam bentuk pembiayaan usaha bagi usaha kecil hingga menengah. Yuk, cari tahu lebih lanjut disini!

Itulah berbagai tips keuangan keluarga yang bisa Anda lakukan. Semoga keuangan keluarga Anda senantiasa aman di bulan puasa ini, ya!