Gaya Hidup

Tips Keuangan Pribadi: Atur Penghasilan Harian Saat Pandemi

tips keuangan pribadi

Wabah virus COVID19 yang masih tersebar, selain mempengaruhi aspek kesehatan, juga mempengaruhi aspek keuangan pribadi. Terutama bagi masyarakat yang pendapatannya bersifat harian. Berikut tips keuangan pribadi yang bisa dimanfaatkan untuk mengatur penghasilan harian Anda. 

Menurut perencana keuangan, Prita Hapsari Ghozie, mereka yang pekerjaannya terhalang akibat adanya pembatasan sosial paling terpengaruh dampak COVID19 ini. Contohnya penyedia jasa atau pebisnis kuliner yang sehari-harinya mengandalkan pemasukan dari pengunjung yang datang setiap hari. Juga para pekerja lepas yang pemasukannya tidak menentu per hari nya.

Bagi Anda yang pendapatannya bersifat harian, berikut tips keuangan pribadi yang bisa Anda lakukan untuk mengatur penghasilan Anda agar bisa bertahan di situasi ini.

keuangan adalah

Hitung Rata-Rata Penghasilan Anda

Yang pertama, usahakan untuk menghitung kisaran penghasilan rata-rata Anda per bulannya. Anda bisa mengambil batas bawah dari penghasilan Anda sebagai tolak ukur rata-rata penghasilan Anda. Evaluasi besaran pendapatan yang Anda dapat selama masa pandemi, termasuk aset dalam bentuk lain jika ada. Setelahnya, hal ini bisa menjadi acuan Anda untuk membuat rencana keuangan. Serta berapa yang harus dialokasikan untuk tabungan dan dana darurat. 

Membuat Anggaran Keuangan Pribadi

Setelah mengetahui rata-rata penghasilan Anda, selanjutnya Anda harus mengkalkulasikan pengeluaran rata-rata Anda perbulan. Buatlah anggaran keuangan pribadi untuk mengetahui apa saja pengeluaran Anda. 

Prita Hapsari selaku perencana keuangan menyarankan untuk membagi pengeluaran Anda menjadi pengeluaran wajib dan pengeluaran kebutuhan. Pengeluaran wajib contohnya adalah cicilan, uang sekolah, serta pengeluaran lain yang bersifat tetap. Sedangkan pengeluaran kebutuhan merupakan pengeluaran yang bisa Anda sesuaikan sesuai dengan kondisi Anda. Contohnya uang makan, uang belanja, dan lain sebagainya. Pengeluaran ini bisa Anda sesuaikan agar lebih irit. 

Mengatur Prioritas Keuangan

Prita juga menyarankan agar Anda mengutamakan penghasilan Anda untuk kewajiban dan kebutuhan di masa pandemi ini. Anda bisa membagi pendapatan menjadi tiga bagian. Yaitu kebutuhan sehari-hari, tabungan serta hiburan. 

Disarankan agar Anda mengalokasikan 70% pendapatan Anda untuk kebutuhan sehari-hari. Setelah itu, Anda bisa menyisihkan sisanya untuk tabungan. Jika Anda memiliki banyak cicilan, sebaiknya evaluasi lagi mana hal yang benar-benar dibutuhkan. 

Selain itu, hindari berbelanja di luar budget belanja yang telah Anda tentukan hanya karena tergiur promo atau diskon. Prioritaskan kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan di masa pandemi ini. 

Semoga tips keuangan diatas dapat membantu Anda mengatur penghasilan harian Anda, ya.