Gaya Hidup

Tips Keuangan; Raih 50 Juta Dalam Setahun

tips keuangan

Melihat judul ulasan berikut, mungkin yang terpikir pertama kali di kepala Anda adalah ‘Ah, masa iya sih, mungkin?’ Faktanya, jika Anda memiliki niat dan usaha yang kuat, Anda bisa mengumpulkan 50 juta hanya dalam setahun, lho. Tak percaya? Yuk, simak beberapa tips keuangan yang bisa Anda lakukan berikut!

Pastinya, semua orang ingin memiliki tabungan dengan nominal yang banyak. Alasannya bisa bermacam-macam. Bisa untuk beli mobil atau rumah impian, modal menikah, biaya pendidikan, dan lain sebagainya. Namun, nominal sebesar itu rasanya terlalu sulit jika harus dicapai dalam waktu satu tahun. 

Belum mulai menyisihkan pendapatan untuk tabungan nominal 50 juta? Tenang, tak ada kata terlambat untuk memulai. Yuk, mulai susun strategi agar Anda bisa mencapai target tabungan 50 juta dalam setahun. Jika Anda disiplin, walaupun pendapatan Anda pas-pasan, Anda tetap bisa mencapai target tersebut dengan menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan Anda untuk menabung. 

Bagaimana cara mencapai Rp50 juta dalam setahun? Yuk, mulai sekarang dengan mencoba tips keuangan berikut!

keuangan adalah

Kendalikan Belanja Konsumtif

Salah satu halangan dalam mencapai target keuangan adalah gaya hidup konsumtif. Akibatnya, pendapatan malah dialokasikan untuk hal-hal yang tidak perlu. 

Tips keuangan pertama yang harus Anda kerahkan adalah mengendalikan keinginan belanja konsumtif. 

Menurut pakar manajemen bisnis Joseph M Juran, ada rumus menabung sederhana yang bisa Anda gunakan untuk membatasi keinginan belanja Anda, yaitu rumus 80-20. Sisihkan 20% dari pendapatan bulanan Anda untuk tabungan. Sementara, 80% sisanya bisa untuk memenuhi kebutuhan. Jangan habiskan lebih dari 80% pendapatan Anda untuk keinginan semata. Dengan menerapkan strategi ini, Anda bisa memiliki batasan yang jelas untuk kebutuhan konsumtif. 

Susun Strategi Menabung

Setelah menetapkan  rumus 80-20 untuk menabung, tips keuangan selanjutnya adalah menyusun secara detail angka pendapatan yang akan dialokasikan untuk pengeluaran rutin,  tabungan atau investasi atau asuransi. Selain itu, Anda juga bisa mengecek pengeluaran lain yang bisa ditekan. Misalnya, anggaran nongkrong sebesar Rp1 juta bisa dikurangi dan dialihkan untuk tabungan dan investasi bisa bertambah. Jangan lupa untuk berusaha berkomitmen dalam memenuhi angka tersebut. Ingatlah pada tujuan Anda menabung agar Anda tidak tergoda untuk mengambil uang yang ada dalam rekening tabungan.

Tips Keuangan; Cari Penghasilan Tambahan

Supaya target keuangan Anda lebih cepat tercapai, Anda bisa mempertimbangkan opsi mencari penghasilan tambahan dari rumah. Ada berbagai opsi yang bisa Anda coba, misalnya dengan menjadi reseller online, menjadi guru les privat, atau memanfaatkan keahlian Anda dengan menjadi freelancer. 

Apabila Anda membutuhkan modal untuk usaha online, Anda bisa mengajukan pembiayaan usaha tanpa jaminan di BFI Finance. Dapatkan pembiayaan usaha hingga Rp25 juta tanpa jaminan untuk mengembangkan usaha online Anda. 

Itulah beberapa rahasia agar Anda bisa menabung Rp50 juta dalam setahun. Semoga berhasil!