Pinjaman

Pilih Pinjaman Pribadi Perorangan Sesuai Gaji

pinjaman pribadi perorangan

Di era new normal ini, biaya kebutuhan semakin meningkat. Terlebih lagi, kita harus mempersiapkan dana untuk biaya-biaya yang tak terduga. Mengajukan pinjaman pribadi perorangan merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan dana yang Anda butuhkan.

Jasa pinjaman pribadi perorangan ini memberikan banyak kemudahan bagi Anda. Umumnya, jasa ini disediakan oleh bank maupun lembaga keuangan lainnya dalam bentuk pinjaman pribadi non bank.  Persyaratan yang dibutuhkan juga umumnya tidak terlalu ribet, dan prosesnya pun tidak memakan waktu lama. Pengajuan pinjaman pun jauh lebih terjamin keamanannya dibanding mengajukan pinjaman kepada rentenir.   

Produk pinjaman pribadi pun beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan bahwa Anda memahami produk pinjaman yang ada agar bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Apa saja produk pinjaman yang disediakan pada umumnya?

pinjaman pribadi tanpa jaminan

Pinjaman Dengan Jaminan

Pinjaman dengan jaminan atau dikenal juga dengan kredit multiguna merupakan produk pinjaman yang diberikan pada nasabah dengan syarat menjaminkan aset berharga mereka. Contohnya BPKB kendaraan atau sertifikat rumah.

Umumnya, pinjaman ini dipilih oleh nasabah yang hendak mendapatkan dana pinjaman dalam jumlah besar. Contohnya untuk keperluan modal usaha, renovasi rumah, dan lain sebagainya. Limit pinjaman pun besar karena aset yang dijaminkan bernilai besar, disertai dengan masa tenor yang panjang dan bunga yang lebih ringan. 

Syaratnya, Anda harus menjaminkan nilai jaminan yang lebih besar dari jumlah dana yang akan Anda pinjam. Jika Anda membutuhkan dana pinjaman yang besar dengan bunga ringan dan tenor yang panjang, kredit multiguna merupakan pilihan yang tepat. 

Pinjaman Tanpa Jaminan (KTA)

Pinjaman tanpa jaminan atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan pinjaman yang bisa Anda ajukan tanpa harus menjaminkan aset berharga Anda. Walaupun tidak harus menjaminkan aset, Anda harus memiliki kartu kredit yang aktif selama satu tahun terakhir. Hal ini agar lembaga keuangan bisa melihat pembayaran dan transaksi tagihan Anda. Skor kredit juga menjadi faktor penentu penyetujuan pinjaman.

Selain itu, berbeda dengan pinjaman dengan jaminan, suku bunga yang dikenakan juga lebih tinggi. Produk pinjaman ini banyak dipilih bagi mereka yang memiliki kebutuhan mendesak dan memerlukan dana cepat cair. 

Memilih Pinjaman Pribadi Sesuai Gaji

pinjaman pribadi online

Dalam mengajukan pinjaman, selain mempertimbangkan dana yang dibutuhkan, Anda juga harus mempertimbangkan seberapa besar gaji Anda. Tujuannya agar Anda memilih produk pinjaman yang sesuai dengan kemampuan membayar Anda. 

Apabila Anda memiliki pendapatan dengan kisaran 3 hingga 5 juta, atau tidak memiliki aset berharga, Anda bisa mengajukan pinjaman pribadi tanpa jaminan dengan tenor kisaran 5 tahun. Hal ini karena resikonya lebih kecil dibanding Anda mengajukan pinjaman dengan jaminan. Namun, yang harus diingat, pastikan bahwa Anda tidak mengajukan pinjaman untuk kebutuhan yang konsumtif atau untuk menutupi hutang lainnya. 

Apabila Anda memiliki gaji diatas 10 juta, atau memiliki aset berharga seperti kendaraan atau rumah, Anda bisa mengajukan pinjaman pribadi dengan jaminan. Terlebih lagi jika Anda memerlukan dana dalam jumlah besar. Hal ini karena resikonya sepadan dengan pemasukan dan kemampuan membayar Anda. 

Semoga ulasan tersebut dapat membantu Anda memilih produk pinjaman pribadi yang tepat untuk Anda, ya.