Bisnis

Tips Mencari Ide Bisnis Ala BFI Finance

bfi finance

Dalam keadaan sekarang ini, dianjurkan bahwa kita harus memiliki pekerjaan sampingan. Hal ini agar kita memiliki pendapatan cadangan disamping pendapatan utama kita. Namun, menentukan ide bisnis ternyata terkadang tidak semudah yang dibayangkan. Berikut tips dari BFI Finance untuk mencari ide bisnis bagi para calon pengusaha. 

Ketika Anda memutuskan untuk menjalankan usaha sendiri, memang banyak persiapan dan hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari modal usaha, strategi pemasaran, operasional, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, sekarang di beberapa daerah sedang diterapkan kebijakan pembatasan sosial (PSBB). Tentunya, hal ini juga harus dipertimbangkan sebelum menjalankan usaha. 

Namun sebelum itu, hal paling mendasar yang harus dipikirkan adalah ide usaha. Jenis usaha apa yang prospek usahanya besar? Apa ide bisnis yang unik dan berbeda dari yang lain? Bagaimana cara mendapatkan ide usaha yang sesuai dengan kemampuan kita?

Berikut beberapa tips dari BFI Finance untuk mendapatkan ide bisnis bagi pengusaha!

Memulai dari Hobi

bfi finance indonesia

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memulai dari hobi atau sesuatu yang Anda sukai. Apa yang Anda suka lakukan di waktu luang? Atau keinginan bisnis yang sempat tertunda?

Contohnya, jika Anda suka menulis, Anda bisa mencoba di bidang copywriting, content writing, dan lain sebagainya. Anda bisa memulai dari skala kecil-kecilan terlebih dahulu. Atau, jika Anda suka memasak, Anda bisa memulai dengan menawarkan masakan Anda kepada keluarga atau orang-orang di sekitar Anda. 

Lakukan Riset dan Analisis Tren

produk bfi

Cara selanjutnya dalam mencari ide bisnis adalah melakukan riset dan analisa tren yang ada. Anda bisa memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan riset ide bisnis yang ingin Anda geluti. Contohnya, dengan menggunakan Google Trend untuk mencari kata kunci dan mengetahui tren dan angka pencarian informasi tertinggi pada suatu lokasi. Atau, Anda juga bisa menyebarkan kuisioner online kepada target pasar Anda. 

Selanjutnya, Anda bisa melakukan analisa tren mengenai apa yang sedang diminati atau dibutuhkan oleh banyak orang, atau jenis bisnis yang sedang naik daun. Contohnya, di masa pandemi ini, masyarakat membutuhkan makanan cepat saji yang bergizi dan tahan lama. Anda bisa memanfaatkan tren ini dengan menjual frozen food atau katering sehat. 

Namun, pastikan bahwa Anda memiliki rencana bisnis cadangan jika tren yang ada telah berlalu. 

Belajar dari Kesuksesan dan Kegagalan Orang Lain

bfi finance terdekat

Dalam mencari ide bisnis, Anda juga bisa belajar dari bisnis lain yang sudah ada. Pelajarilah kesuksesan dan kegagalan yang dialami oleh berbagai bisnis. Anda bisa mengamati dan memodifikasi konsep bisnis yang telah sukses, agar Anda bisa menjalani bisnis tersebut dengan ciri khas Anda sendiri. Anda juga bisa mempelajari kekurangan beberapa bisnis yang ada dan memenuhi apa yang tidak mampu dipenuhi oleh bisnis tersebut. 

Selain itu, Anda bisa belajar dan mencari inspirasi dari mana saja. Contohnya mencari materi bisnis di Youtube atau forum pengusaha. 

Nah, semoga tips bisnis dari BFI Finance tersebut bisa bermanfaat bagi Anda, ya! Yuk, temukan ide bisnis Anda sekarang!