Bisnis

Tips Mengelola Bisnis Saat Wabah Corona Ala BFI Finance

Akibat wabah Virus Corona yang dikhawatirkan semakin meluas, beberapa perusahaan telah memberikan kebijakan work from home atau mulai bekerja dari rumah. BFI Finance sendiri juga telah menetapkan kebijakan ini bagi mereka yang bisa melakukan pekerjaannya dari rumah. Hal ini untuk menghindari interaksi antar sesama, yang dikhawatirkan bisa memperluas penyebaran virus Covid-19. 

Hal ini tentunya mempengaruhi berbagai bidang bisnis di Indonesia. Bagi Anda yang memiliki bisnis, pastinya juga terkena imbas dari kebijakan ini. Tentunya, dibutuhkan berbagai penyesuaian agar produktivitas bisnis tetap berjalan, tanpa harus mengorbankan keselamatan Anda dan karyawan Anda. 

Apa saja kebijakan yang harus Anda lakukan untuk mengelola bisnis di tengah pandemi ini? Simak tips mengelola bisnis ala BFI Finance berikut ini!

bfi finance indonesia

Membagi dan Mengawasi Pekerjaan

Bagi Anda yang menjalankan usaha kecil hingga menengah, tentunya tidak semua bidang pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Jika hal ini terjadi, pastikan bahwa Anda memberlakukan sistem shift bagi karyawan Anda dan membagi porsi pekerjaan yang sesuai bagi masing-masing karyawan. Dalam perubahan proses ini, pastikan juga bahwa Anda menjelaskan kondisi dan situasi pekerjaan, serta memastikan setiap orang memahami skenario dan porsi pekerjaan mereka masing-masing. 

Jaga Komunikasi yang Lancar

Kunci utama agar bisnis tetap lancar walaupun bekerja dari rumah adalah dengan komunikasi antar pegawai yang lancar. Sebagai atasan, Anda harus mendengarkan karyawan dan saling terbuka. Hal ini untuk menghindari miskomunikasi yang bisa menghambat produktivitas bisnis Anda. Agar proses pekerjaan tetap lancar, pastikan juga setiap karyawan memiliki akses ke teknologi dan laptop sehingga Anda bisa memonitor dan berkomunikasi kepada mereka dengan lancar. 

Mengawasi Kesehatan Pegawai

Selain mengawasi apakah pekerjaan dilakukan sesuai dengan porsinya masing-masing, Anda juga harus mengawasi kesehatan karyawan Anda. Apabila ada salah satu dari karyawan Anda yang sakit, pastikan bahwa mereka beristirahat dirumah agar tidak menular kepada karyawan lainnya. Untuk mengantisipasi kejadian ini, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih ketat karena tentunya hal ini berpengaruh kepada produktivitas usaha Anda. 

Menyediakan Dukungan dan Rasa Aman

Yang tak kalah penting, pastikan kepada karyawan Anda bahwa semua akan baik-baik saja. Tentunya, mereka juga turut khawatir dengan penyebaran virus Covid-19. Jangan sampai hal ini menjadi beban pikiran mereka dan mengganggu produktivitas. Sediakanlah dukungan Anda dengan menyediakan kebutuhan yang dibutuhkan untuk mencegah penyebaran virus ini. Contohnya masker, hand sanitizer atau alkohol. Pastikan juga untuk membekali mereka dengan SOP mengenai kebersihan dan sanitasi. Dengan adanya dukungan dan rasa aman, tentunya produktivitas akan tetap terjaga. 

 

Itulah 4 tips dari BFI FInance agar Anda tetap bisa mengelola bisnis Anda dari rumah. Semoga bisnis Anda tetap lancar dan Anda senantiasa sehat, ya.