Gaya Hidup

Tips Puasa Sehat Untuk Pekerja Ala BFI Finance

BFI Finance

Sobat BFI, bagaimana kondisi Anda dalam menjalani minggu kedua di bulan puasa ini? Semoga masih kuat dan sehat, ya. Bagi Anda yang bekerja, berikut tips puasa sehat ala BFI Finance yang dapat menjaga produktivitas Anda. 

Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa bagi umat Muslim, tak terkecuali Indonesia. Agar mampu menjalankan ibadah puasa selama 30 hari, maka Anda harus menjaga kesehatan tubuh. Sehingga, Anda tetap bisa bekerja dan beraktivitas dalam menjalankan ibadah. 

Untuk itulah, Anda harus menjalankan ibadah puasa dengan baik dan benar. Terutama bagi Anda yang bekerja, sehingga produktivitas Anda tidak menurun. Bagaimana caranya? 

Berikut tips puasa sehat dari BFI Finance yang bisa Anda coba!

Bfi finance adalah

Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur

Agar kuat selama puasa, maka Anda harus memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi saat sahur. Bekali tubuh Anda dengan makanan yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jenis makanan yang tepat adalah makanan yang mengandung karbohidrat dan serat. Mengapa demikian? Karena, kedua nutrisi ini memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna bagi tubuh.

Sumber karbohidrat bisa Anda dapatkan dari nasi, oat, gandum utuh, atau kacang-kacangan. Sementara itu, asupan serat bisa diperoleh dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mengolah sayur dan buah menjadi jus, sekaligus untuk menambah asupan cairan.

Pastikan juga untuk mengonsumsi protein yang cukup, seperti ikan, ayam, tahu, dan lain sebagainya. Karena, tubuh Anda akan mendapatkan sumber energi lain berupa protein. Sehingga, asupannya harus tetap terjaga. 

Jangan Makan Berlebihan

Karena berpuasa selama berjam-jam, maka banyak orang berusaha menyiasatinya dengan makan berlebihan ketika berbuka puasa. Padahal, sebenarnya ini adalah cara yang tidak baik untuk kesehatan. 

Kebiasaan ini dapat menyebabkan Anda malah tidak bugar ketika harus berpuasa keesokan harinya. Bekerja pun juga malah jadi tidak maksimal. Makanlah secukupnya dengan porsi yang normal sesuai dengan kebutuhan Anda.  

Perhatikan juga asupan Anda ketika buka puasa. 

Olahraga Ringan

Bagi Anda yang bekerja, tentunya Anda harus duduk selama berjam-jam. Terlebih lagi, badan terasa lemas ketika berpuasa. Namun, usahakan untuk bergerak atau olahraga ringan di tengah-tengah jam bekerja. Sehingga, Anda tetap bugar selama berpuasa. 

Anda bisa beranjak sejenak dari kursi untuk meregangkan tubuh. Jika memungkinkan, Anda bisa juga berjalan-jalan di sekitar kursi atau ruangan. 

Semoga tips ala BFI Finance dapat membantu Anda tetap sehat selama berpuasa, ya! Yuk, semangat menjalankan ibadah puasa!