Gaya Hidup

Tips Ubah Sejuta Jadi Semilyar Ala BFI Finance

bfi finance

Sejuta bisa jadi semilyar? Gimana tuh, caranya? Mungkin, itu yang Anda pikirkan ketika membaca judul ulasan ini. Biar nggak bingung lagi, yuk, simak ulasan dari BFI Finance berikut!

Uang berjumlah berapapun bisa Anda ubah jadi banyak apabila Anda melek keuangan. Tapi sebelumnya, apa sih, definisi seseorang bisa dikategorikan melek keuangan?

Singkatnya, melek keuangan adalah pengetahuan yang mempengaruhi kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan demi masa depan yang lebih  sejahtera.

Adanya pengetahuan mengenai keuangan membuat seseorang lebih bijak dalam mengambil keputusan keuangan. Seperti agar lebih bijaksana dalam berbelanja, supaya lebih untung, dan lebih cermat dalam mengelola keuangannya. 

Apa saja ciri-ciri Anda telah melek keuangan? Dikutip dari SmartMoney, berikut ciri-ciri umum untuk mengetahui tanda-tanda seseorang telah dikategorikan melek keuangan. 

Bfi finance adalah

Punya Rencana Keuangan yang Jelas

Tanda pertama bahwa Anda telah melek keuangan adalah memiliki rencana keuangan yang jelas. Adanya rencana keuangan yang jelas membuat Anda memahami apa yang ingin Anda capai, serta strategi yang harus dilakukan agar tujuan tersebut dapat Anda capai. Selain itu, Anda juga memahami apa saja pengeluaran yang harus dikurangi untuk mencapai tujuan tersebut. 

Dengan membuat perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang secara jelas, kebebasan finansial yang Anda idamkan jadi lebih mudah untuk diwujudkan, lho.

Menabung dan Investasi

Tanda kedua bahwa seseorang telah melek keuangan adalah memahami pentingnya menabung dan investasi. Tentunya, kita semua tahu bahwa tidak ada jalan pintas untuk mencapai kebebasan finansial. Salah satu proses yang mempengaruhi kekayaan seseorang adalah dengan menabung dan investasi. Dengan melakukan hal ini secara konsisten, tentunya bukanlah hal yang mustahil untuk mengubah sejuta menjadi semilyar. 

Tidak Impulsif

Berhubungan dengan poin pertama, tidak impulsif merupakan tanda bahwa Anda termasuk orang yang melek keuangan. Adanya rencana keuangan yang jelas membuat Anda membelanjakan setiap pengeluaran secara sadar, penuh pertimbangan, dan untuk sesuatu yang benar-benar dibutuhkan. Sehingga, pengeluaran Anda lebih terkontrol dan tidak boros. 

Mengajukan Pinjaman Produktif

Ciri terakhir bahwa Anda telah melek keuangan adalah hanya mengajukan pinjaman untuk hal-hal yang sifatnya produktif atau untuk keadaan mendesak. Misalnya, modal usaha, renovasi rumah, dan lain sebagainya. Sebab, salah satu ciri bahwa Anda dapat mengelola keuangan adalah mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan, bukan untuk berfoya-foya.

Itulah ciri-ciri bahwa Anda telah melek secara finansial. Jika sudah memahami keuangan secara menyeluruh, mengubah sejuta jadi semilyar tentu bukan hal yang mustahil!

Untuk mengajukan pinjaman produktif yang terpercaya, Anda bisa mengajukan pinjaman di BFI Finance. Dengan jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana yang cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial Anda. 

Yuk, ajukan pinjaman mudah dan terpercaya hanya di BFI Finance!