Bisnis

Tips Usaha Kecil; Mitos Saat Mau Buka Usaha

tips usaha kecil

Memiliki sumber penghasilan yang bisa dijalankan secara fleksibel tentunya merupakan impian semua orang. Sehingga, sekarang ini, banyak orang yang mulai menjalankan usaha kecil mereka sendiri. Berikut tips usaha kecil mengenai mitos usaha yang harus Anda perhatikan. 

Tentunya, semua usaha besar yang telah berdiri dan terkenal saat ini tidak langsung berkembang begitu saja. Semua usaha tersebut dimulai dari skala kecil. Oleh karena itu, bagi Anda yang bermimpi ingin memulai usaha Anda sendiri, jangan takut dan menunda-nunda. Segeralah manfaatkan peluang dan kesempatan yang ada untuk mewujudkan impian Anda. 

Sebagai calon pengusaha, mungkin ada beberapa mitos mengenai usaha yang membuat Anda menjadi ragu untuk menjalankan usaha Anda sendiri. Apa sajakah itu? Dikutip dari Modalku, berikut mitos seputar bisnis kecil dan tips usaha kecil yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya!

tips usaha sukses

Persiapan Usaha Harus Besar

Apa hal yang terbayang di kepala Anda apabila mendengar kata ‘merintis usaha sendiri’? Bagi sebagian orang, memulai sesuatu identik dengan persiapan yang besar. Seperti memiliki kantor yang megah, memasarkan produk besar-besaran, merekrut banyak orang, dan masih banyak lagi. Persiapan yang besar identik dengan kesuksesan yang cepat dan instan. 

Padahal, mitos ini sebenarnya keliru. Sebagai pengusaha pemula, justru Anda harus memulai dengan sesuatu yang kecil dan sederhana. Terlebih lagi jika modal yang Anda miliki masih terbatas. Usaha yang sederhana, namun memiliki rencana jangka panjang dan jelas lebih berarti dibandingkan usaha yang besar namun tanpa rencana. 

Buka Usaha Resikonya Besar

Memiliki usaha yang besar, berkembang, dan berhasil tentunya merupakan impian semua pengusaha. Tentunya, hal ini juga harus diimbangi dengan perencanaan dan strategi yang matang, serta berani untuk memulai usaha tersebut. Sayangnya, masih banyak yang ingin memulai usaha, namun takut untuk memulai karena mitos ini. 

Merasa khawatir tentunya wajar, namun jangan sampai hal ini menghalangi impian Anda untuk memulai usaha Anda. Sayang bukan, jika ide dan rencana bisnis yang telah Anda rencanakan harus tertahan? Persiapkanlah diri Anda sebaik mungkin dengan rencana matang dan perasaan optimis. Jika ide bisnis Anda terealisasikan, bukan tidak mungkin bahwa bisnis tersebut berkembang, bukan?

Modal Usaha Harus Besar

Memiliki persiapan modal awal memanglah penting. Namun, bukan berarti Anda harus mempersiapkan modal untuk membangun bisnis Anda besar-besaran. Saat ini, menjalankan usaha bisa dimulai dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Anda bisa memulai dengan cara yang sederhana, seperti menjadi reseller, menjalankan online shop, menjual kerajinan tangan, dan masih banyak ide bisnis minim modal lainnya. 

Setelah usaha Anda berkembang, baru Anda boleh mempertimbangkan untuk mempersiapkan modal lebih besar. Anda bisa memanfaatkan pinjaman modal usaha kecil melalui BFI Finance. Dengan jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan tambahan dana untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk mengembangkan usaha Anda. 

Itulah tips usaha kecil mengenai mitos-mitos seputar memulai usaha. Gimana, sudah siap memulai usaha Anda sendiri?