Bisnis

Tips Usaha Kuliner; Peluang Di Era Digital

Tips Usaha Kuliner

Di tengah pandemi ini, sudah banyak sektor usaha turut terkena imbasnya. Salah satunya adalah usaha di bidang kuliner. Walau demikian, ada beberapa peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan dengan bantuan teknologi digital. Yuk, simak tips usaha kuliner berikut!

Memanfaatkan teknologi digital bisa menjadi solusi bagi para pengusaha kuliner untuk tetap bertahan di tengah pandemi. Selain itu, teknologi juga menjadi solusi menguntungkan bagi para pelaku usaha untuk mencegah penyebaran virus Corona. Bisnis pun bisa dikelola dengan lebih cepat, mudah, dan efisien. 

Apa saja peluang usaha kuliner di era digital yang bisa Anda manfaatkan untuk usaha Anda? Berikut tips usaha kuliner di tengah pandemi dikutip dari HashMicro yang bisa Anda tiru!

tips usaha sukses

Layanan Pesan Antar

Peluang pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha kuliner Anda adalah layanan pesan-antar. Saat ini, Anda bisa memanfaatkan transportasi ojek online untuk menjangkau lebih banyak pembeli. Anda bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas tanpa terhalang jarak. Anda pun bisa menarik konsumen dengan bekerja sama memberikan promo ongkir. 

Apalagi, di masa pandemi ini, orang-orang menghindari keluar atau makan langsung di restoran, sehingga mereka banyak memesan makanan melalui layanan pesan antar. 

Selain itu, Anda juga lebih hemat tenaga kerja karena tidak perlu mempekerjakan kurir untuk mengantar dagangan Anda. Serta hemat biaya promosi, karena orang-orang bisa melihat restoran Anda melalui aplikasi ojek online. 

Promosi Lewat Media Sosial

Media sosial merupakan platform yang ampuh untuk berbisnis di era digital. Peluang ini sudah banyak dimanfaatkan oleh hampir semua pelaku usaha. Jika Anda masih menjalankan usaha Anda secara konvensional, sudah saatnya Anda mencoba untuk beralih ke media sosial. 

Selain bisa meraih pasar yang lebih luas, seperti poin pertama, Anda juga akan lebih menghemat biaya promosi dengan membuat konten foto dan video. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menjalin komunikasi dengan konsumen. Konsumen pun bisa memesan secara online, dan melihat lebih jelas mengenai makanan dan minuman yang Anda jual. 

QR Code Untuk Pembayaran

Sekarang ini sudah jamannya metode pembayaran cashless. Selain lebih praktis, metode pembayaran cashless juga membantu mencegah penyebaran virus karena tidak harus bertukar-tukar uang. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menerapkan pembayaran melalui QR Code atau aplikasi dompet digital. Sehingga, konsumen hanya perlu membuka HP dan scan barcode yang ada untuk membayar. 

Bukan hanya untuk membayar, QR code juga sekarang bisa digunakan sebagai menu digital. Konsumen tidak perlu membuka buku menu dan tinggal scan barcode menu yang ada. Lalu, semua menu telah tersaji dalam layar HP mereka. Pemesanan pun lebih mudah, aman, dan cepat. 

Itulah tips usaha kuliner berbagai peluang di era digital yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan usaha kuliner Anda. Yuk, kembangkan usaha Anda dengan bantuan teknologi!