Bisnis

Tips Usaha Rumahan Wanita di Masa Pandemi

tips usaha rumahan

Di masa pandemi ini, ternyata para wanita masih mendapat kesempatan untuk bekerja. Terutama bagi mereka yang hendak menjalankan usaha rumahan. Bagi para pembaca wanita, berikut tips usaha rumahan yang bisa Anda jalankan di tengah pandemi. 

Dikutip dari LifeSkills, pandemi ini menginspirasi para wanita di Inggris untuk memulai usaha yang bisa dijalankan di rumah. Sebanyak 51% responden mengaku bahwa pandemi ini memotivasi mereka untuk memulai bisnis mereka sendiri. 

Nah, tidak hanya di Inggris, di Indonesia sendiri, berbagai dukungan datang bagi para wanita yang hendak memulai bisnis mereka sendiri di tengah pandemi. Salah satunya adalah dukungan pembelajaran dan virtual gathering yang datang dari platform digital, WeLearn. Platform WeLearn sendiri diciptakan atas inisiatif dari UN Women didukung oleh Sunlight, brand milik PT Unilever Indonesia Tbk yang bertujuan mendukung para wanita yang ingin mengembangkan usaha milik mereka sendiri. Tujuannya adalah agar para wanita mampu beradaptasi di tengah pandemi COVID19 melalui kemampuan bisnis dan digital yang mumpuni. Terlebih lagi, sekitar 64% UMKM yang terdaftar di Indonesia dikelola oleh perempuan. 

Jika Anda memiliki waktu luang dan tertarik mengembangkan keterampilan, tak ada salahnya mencoba menjadi wirausaha berbasis rumahan. 

Apakah Anda tertarik mengelola usaha Anda sendiri? Berikut tips usaha rumahan mengenai ide usaha yang bisa Anda jalankan!

Usaha Kuliner

tips usaha kuliner

Bagi Anda yang hobi masak, tak ada salahnya memanfaatkan hobi atau keahlian Anda ini sebagai ladang usaha. Bisnis kuliner selalu diminati banyak orang, dengan berbagai pilihan makanan yang bervariasi. 

Anda bisa memulai dengan memasarkan makanan Anda kepada orang-orang terdekat Anda. Contohnya tetangga atau saudara-saudara Anda. Jika peminatnya cukup banyak, Anda bisa menjajakan dagangan Anda melalui marketplace online atau sosial media. 

Usaha Perlengkapan Bayi

tips usaha online

Usaha ini memang jarang terdengar. Namun, ternyata prospek usaha ini cukup menjanjikan. Terlebih lagi jika Anda memiliki teman-teman yang berstatus ibu-ibu muda atau baru melahirkan. Perlengkapan bayi ternyata banyak dicari oleh para ibu; seperti stroller, pakaian bayi, dan lain-lain. 

Karena sekarang orang-orang masih membatasi pergerakan sosial, Anda tidak perlu menyewa toko dan bisa berjualan secara online. Modal yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan bayi sekitar Rp15.000.000 hingga Rp20.000.000. Untuk pengusaha pemula, sediakanlah stok barang yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. 

Usaha Membuat Kerajinan

tips usaha modal kecil

Jika Anda memiliki keahlian untuk membuat kerajinan tangan, tak ada salahnya juga untuk memanfaatkan kreatifitas Anda sebagai sumber usaha rumahan. Sebagai pemula, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan bekas pakai, seperti kertas atau botol bekas. 

Variasi kerajinan tangan pun beragam; seperti kerajinan kertas, rotan, keramik, dan lain sebagainya. Anda bisa meningkatkan kreatifitas Anda dengan menjual hasil kerajinan tangan Anda melalui marketplace online. 

Semoga tips usaha rumahan mengenai ide usaha yang bisa dijalankan di atas dapat menginspirasi Anda, ya!