Bisnis

Tips Usaha Sampingan Jualan Di Bulan Ramadhan

Tips Usaha Sampingan

Tak terasa, besok kita akan menyambut bulan Ramadhan. Sobat BFI, momen ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai peluang untuk menjalankan usaha sampingan, lho. Berikut tips usaha sampingan tentang ide jualan yang laris di bulan Ramadhan!

Jelang bulan puasa, ada berbagai kebutuhan yang diperlukan untuk menyambut bulan suci. Mulai dari kebutuhan makanan, hingga kebutuhan untuk beribadah. Menurut Eko Endarto, perencana keuangan dari Finansia Consulting, jualan yang laris di bulan Ramadhan adalah kebutuhan yang sifatnya berkaitan dengan momen Ramadhan. Terutama menu makanan yang berkaitan dengan buka puasa. 

Walaupun sifatnya usaha musiman, namun lumayan kan, jika Anda bisa mendapatkan keuntungan tambahan? 

Oleh karena itu, jika Anda tertarik menjalankan usaha di bulan Ramadhan, jangan sampai salah menentukan ide bisnis, ya! Yuk, simak tips usaha sampingan yang bisa Anda lakukan jelang bulan Ramadhan berikut!

tips usaha sukses

Usaha Takjil

Di saat waktu berbuka puasa, tentunya orang-orang mencari berbagai makanan dan minuman segar untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Terbukti, ketika bulan Ramadhan, banyak penjual makanan dan minuman di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda yang menjual berbagai takjil untuk berbuka puasa. 

Nah, Anda bisa mencoba bisnis takjil ini nih, di bulan Ramadhan. Ada berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa Anda jual. Misalnya es buah, aneka jajanan pasar, kolak, gorengan dan lain sebagainya. Anda bisa menjual takjil olahan sendiri maupun titipan dari orang lain. 

Modalnya pun cukup minim, mulai dari Rp200.000 saja Anda sudah bisa menjajakan jualan untuk lingkungan sekitar rumah Anda. 

Usaha Catering Ramadhan

Tidak semua orang sempat memasak makanan sendiri untuk waktu berbuka dan sahur. Terutama bagi mereka yang bekerja sehingga tidak sempat mempersiapkan masakan sahur dan berbuka untuk keluarga mereka. 

Jika Anda tinggal di kompleks perkantoran atau padat penduduk, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka usaha catering berbuka dan sahur. Anda bisa membuat variasi makanan yang berbeda-beda setiap harinya. 

Selain modalnya minim, prospek usaha ini juga cukup menjanjikan, lho! Cukup dengan modal awal Rp2-3 juta, Anda bisa meraih omset yang menjanjikan dengan menjual catering untuk orang-orang di sekitar Anda. 

Usaha Kebutuhan Ibadah

Di bulan puasa ini, biasanya kebutuhan ibadah meningkat walaupun Ramadhan tahun ini orang-orang beribadah hanya di rumah. Seperti Alqur’an, mukena, tasbih, peci, sajadah, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis kebutuhan ibadah. 

Untuk menjangkau lebih banyak pembeli, Anda bisa berbisnis secara online melalui marketplace atau social media. Selain bisa mendapat keuntungan, Anda juga bisa membantu memfasilitasi orang-orang untuk beribadah di bulan suci ini. 

Itulah tips usaha sampingan mengenai peluang usaha yang bisa Anda jalankan di bulan Ramadhan ini. Selamat menunaikan ibadah puasa!