Bisnis

Tips Usaha Untuk Pemula; Intip Peluang Usaha Masker Kain

tips usaha pemula

Adanya pandemi COVID19 di Indonesia membuat permintaan masker naik secara drastis. Masker menjadi benda wajib yang harus dimiliki setiap orang pada saat ini. Keadaan ini bisa Anda jadikan peluang untuk berbisnis masker kain. Yuk, intip seberapa besar peluangnya, serta berbagai tips usaha untuk pemula dalam merintis bisnis masker kain!

Para ahli telah menyatakan bahwa menggunakan masker kain juga dinilai efektif dalam mencegah penyebaran virus COVID19. Masker scuba tidak lagi direkomendasikan untuk melindungi diri dari penyebaran virus. Terlebih lagi, beberapa daerah juga sekarang ini menetapkan sanksi jika ada warganya yang tertangkap tidak mengenakan masker di tempat umum. Sehingga, masker menjadi benda wajib yang harus dimiliki setiap orang.

Dengan demikian, permintaan masker kain juga meningkat selama pandemi ini masih berlangsung. Lalu, seberapa besarkah peluang usaha masker kain?

Menurut Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi dan Kesehatan HIPMI, Sari W Pramono, potensi bisnis masker kain naik hingga 77% selama pandemi berlangsung. Banyak pengusaha yang sekarang mengalihkan usahanya menjadi bisnis produksi masker kain. 

Selain membantu menekan penyebaran virus COVID19, para pengusaha masker ini juga dinilai dapat menggerakan perekonomian karena demand yang terus bertumbuh. Selain itu, hal ini juga dapat membantu menekan angka impor masker. Karena telah banyak yang bisa memproduksi sendiri. 

Berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha produksi masker?

Untuk berbisnis masker kain, Anda membutuhkan modal kisaran maksimal Rp 1-2 juta. Modal ini sudah termasuk mesin jahit, gunting kain besar, karet kain, serta bahan dasar seperti kain dan jarum yang diperlukan untuk produksi. Cukup terjangkau, bukan?

Tips Usaha Sampingan Produksi Masker Kain

tips usaha sukses

Apakah Anda tertarik berbisnis masker kain? Berikut tips usaha untuk pemula jika Anda baru hendak memulai merintis usaha ini! 

Anda harus memperhatikan syarat masker kain yang digunakan untuk mencegah penyebaran virus COVID19. Sehingga penggunanya merasa nyaman dan aman ketika menggunakan masker kain buatan Anda. 

Persyaratan masker kain yang aman menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) adalah sebagai berikut. Masker tersebut harus menutupi bagian pangkal hidung dan pipi, memiliki karet pengikat yang kokoh agar masker tidak bergeser, namun tidak menghalangi jalan napas. 

Selain itu, pilihlah bahan dasar kain yang tidak berubah bentuk jika dimasukan ke dalam mesin cuci. Para ahli dari Johns Hopkins Medicine menyarankan bahwa masker kain yang baik menggunakan bahan kain katun 100%. Serta, masker kain yang baik harus terdiri dari minimal 3 lapis kain. 

Anda bisa mempromosikan bisnis Anda melalui online. Seperti media sosial, marketplace, atau melalui broadcast kepada teman dan kerabat Anda. 

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang hendak memulai usaha masker kain sendiri, ya!