Bisnis

Usaha Food Truck Kekinian Dengan Pembiayaan Usaha

pembiayaan usaha

Di jaman yang semakin berkembang, jenis usaha pun semakin bermacam-macam jenisnya. Salah satu jenis usaha yang mendatangkan keuntungan yang lumayan adalah usaha food truck. Usaha ini membutuhkan modal yang relatif kecil hingga menengah. Tak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan modal usaha food truck dengan memanfaatkan pembiayaan usaha. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Food truck merupakan salah satu jenis usaha makanan kekinian yang menarik. Modal yang dibutuhkan relatif lebih kecil dibanding membuka restoran. Namun, keuntungan yang bisa Anda dapatkan cukup besar. Anda pun bisa menjual banyak jajanan kekinian yang sesuai dengan selera pasar yang sedang tren. 

Namun, tentunya Anda tetap harus menyiapkan sejumlah modal untuk menjalankan jenis usaha ini. Tak perlu khawatir, Anda bisa memanfaatkan pembiayaan usaha untuk mengembangkan usaha food truck Anda. 

Bagi Anda yang tertarik, yuk simak apa saja yang Anda harus persiapkan untuk memulai usaha food truck kekinian berikut ini!

Pembiayaan adalah

Rancang Konsep Usaha yang Menyeluruh

Apapun jenis usaha yang akan Anda jalani, merancang konsep usaha yang menyeluruh adalah langkah utama yang harus Anda ambil. Termasuk untuk menjalankan usaha food truck ini. Tentukan konsep makanan, jam operasional, lokasi yang hendak dituju, hingga membangun branding yang kuat. 

Anda bisa membuat desain yang sederhana, vintage, colorful, dan sebagainya sesuai dengan tipe produk yang Anda jual. Pilihlah desain yang sesuai dan cukup menarik untuk dipakai sebagai desain untuk sosial media, decal food truck, dan sebagainya.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa berbeda dengan jenis bisnis lainnya, usaha jenis ini harus bisa memanfaatkan ruang, peralatan, serta sumber daya yang terbatas. Sesuaikan konsep jualan Anda dengan kondisi tersebut. 

Lisensi dan Perizinan

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah mengejar lisensi dan perizinan untuk menjalankan usaha food truck Anda. Sebagai informasi, hingga saat ini perizinan food truck di Indonesia masih belum terlalu jelas. Oleh karena itu, pastikan perizinan ke pihak terkait sebelum Anda berjualan di lokasi yang Anda tuju.  

Selain itu, Anda juga perlu mengejar lisensi usaha. Yaitu segala hal yang berkaitan dengan perizinan dan hak paten. Sehingga, jika usaha Anda berkembang, Anda bisa memanfaatkan lisensi sebagai pemberian izin ke pihak lain untuk memproduksi produk yang telah Anda patenkan. 

Atur Modal Melalui Pembiayaan Usaha

Yang terpenting, Anda harus menentukan modal yang dibutuhkan untuk menjalani usaha food truck ini. Tentukan nominal modal yang dibutuhkan untuk membeli atau menyewa mobil, bahan pokok makanan, gaji karyawan, marketing, langganan aplikasi kasir, dan seterusnya. 

Tak perlu khawatir, jika Anda membutuhkan modal tambahan, Anda bisa memanfaatkan pembiayaan usaha terpercaya. Salah satunya adalah BFI Finance. Anda bisa mendapatkan pembiayaan untuk berbagai kebutuhan, termasuk kebutuhan usaha dengan tenor panjang dan suku bunga yang bersaing. 

Nah, sebagai bentuk partisipasi BFI Finance dalam memperingati Bulan Inklusi Keuangan 2021,  BFI Finance mau bagi-bagi hadiah, nih! Dapatkan hadiah hingga 100 JUTA bagi Anda yang mengajukan pembiayaan mulai tanggal 6 Oktober – 4 November 2021.

Selain bagi-bagi hadiah untuk pengajuan pembiayaan, BFI Finance juga akan mengadakan #BFIQuiz berhadiah. Yuk, ajukan pembiayaan terpercaya di BFI Finance dan pantau terus Instagram @BFIFinance, ya!

Itulah berbagai hal yang harus Anda persiapkan dalam menjalani usaha food truck kekinian. Yuk, wujudkan usaha impian Anda dengan BFI Finance!