Tak Berkategori

Varian Omicron Masuk di Indonesia, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Pada tanggal 15 Desember lalu, virus Covid-19 varian Omicron resmi tercatat di Indonesia. Kasus ini dibenarkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada 16 Desember 2021 kemarin. Varian virus Covid-19 ini diketahui sudah terdeteksi di 77 negara dengan catatan 1 kematian di Inggris. 

Lalu, darimanakah virus ini berasal dan bagaimana gejala yang dirasakan penderitanya? Untuk mengetahui lebih dalam, simak informasinya berikut ini. 

Virus Covid-19 Varian Omicron

Omicron adalah varian terbaru dari virus korona yang menyebabkan penyakit Covid-19. Varian virus ini pada awalnya ditemukan di Afrika Selatan. Varian Omicron ini juga disebut dengan B.1.1.529. Menurut WHO, varian ini merupakan VOC yang diartikan sebagai varian virus yang dampak terparahnya dapat menyebabkan kematian hingga mempengaruhi efektivitas vaksin. Untuk mendeteksi adanya varian Omicron, diperlukan tes diagnostik berupa PCR dan deteksi antigen. 

Gejala Varian Omicron 

Dari beberapa kasus yang dilaporkan, varian virus ini dapat menimbulkan gejala yang terlihat jelas pada penderitanya. Gejala tersebut meliputi sakit kepala, mudah lelah, flu (pilek dan bersin), hilang penciuman atau anosmia, batuk yang terus menerus, tenggorokan terasa gatal dan sakit, berkeringat pada malam hari, dan demam. 

Pencegahan 

Walaupun varian Omicron sudah terdeteksi di Indonesia dan kemungkinan ditemukan kasus lainnya, Anda tidak perlu panik dan cemas. Pasalnya, rasa terlalu panik dan takut dapat menyebabkan imunitas menurun yang menyebabkan tubuh rentan terserang virus ataupun bakteri. Sebagai pencegahan, berikut hal-hal yang harus dilakukan.

Omicron Variant
  • Jaga jarak aman 1 meter saat berada di luar rumah 
  • Menggunakan masker 
  • Rajin mencuci tangan 
  • Hindari ruangan dengan ventilasi yang buruk 
  • Lakukan vaksin 
  • Jangan memegang area wajah saat tangan sedang kotor 
  • Berjemur 
  • Jaga pola hidup sehat : Olahraga, istirahat cukup, dan makan makanan bergizi 

Untuk sementara ini, Pemerintah sudah mengeluarkan peraturan terkait larangan cuti bersama guna mencegah penularan virus korona. Anda dapat berdiam diri di rumah dan melakukan hal positif lainnya untuk mencegah penyebaran virus dan menenangkan diri dari berita yang ada. Dengan #dirumahaja, Anda bisa mengembangkan potensi diri dengan mengikuti training atau seminar online maupun membuka usaha online kecil-kecilan. 

BFI Finance, solusi modal usaha Anda!