Pinjaman

Yang Harus Dilakukan Ketika Aplikasi Pinjaman Anda Ditolak

Mengajukan aplikasi pinjaman merupakan hal yang umum dilakukan oleh mereka yang membutuhkan dana cepat cair dalam waktu singkat. Selain dana yang didapat bisa cepat cair, prosesnya yang mudah dan tidak berbelit-belit juga menjadi alasan orang-orang mengajukan aplikasi pinjaman. Terlebih lagi, sudah banyak lembaga keuangan yang menawarkan kemudahan untuk nasabahnya mengajukan aplikasi pinjaman online. 

Sayangnya, tidak semua aplikasi pinjaman bisa disetujui. Tentunya, hal ini membingungkan, terlebih lagi jika lembaga keuangan tidak memberi tahu alasan mengapa pengajuan pinjaman mereka ditolak. 

Nah, apakah Anda merupakan salah satu dari mereka yang ditolak pengajuan pinjamannya? Jangan khawatir, berikut beberapa alasan mengapa aplikasi pinjaman Anda ditolak, serta bagaimana cara mengatasinya!

Ajukan Aplikasi Pinjaman Online Terbaik

Syarat Dokumen Tidak Lengkap

Salah satu alasan mengapa aplikasi pinjaman seseorang ditolak adalah karena dokumen yamg diserahkan tidak lengkap sesuai dengan persyaratan. Walaupun proses pengajuan pinjaman mudah dan tidak ribet, namun kelengkapan dokumen merupakan hal yang krusial agar pinjaman Anda bisa disetujui. 

Pastikan bahwa dokumen yang Anda ajukan telah lengkap, berikut dengan masa berlakunya. Apabila Anda mengajukan pinjaman secara online, pastikan bahwa Anda mengunggah hasil scan dokumen yang jelas dan gambar yang jernih. 

Riwayat Kredit yang Tidak Memenuhi Syarat

Jika Anda mengajukan pinjaman, tentunya lembaga keuangan akan mengecek riwayat kredit Anda melalui proses BI Checking. Apabila sebelumnya Anda memiliki riwayat kredit macet, atau masih memiliki hutang yang belum dilunasi, tentunya hal ini berpotensi menyebabkan pengajuan pinjaman online Anda ditolak. 

Tentunya, sebelum mengajukan pinjaman lainnya, Anda harus melunasi kredit Anda terlebih dahulu. Anda bisa membawa bukti bahwa kredit Anda sebelumnya telah lunas apabila Anda telah melunasi kredit Anda. 

Terhalang Limit Maksimal Pinjaman

Berhubungan dengan poin sebelumnya, apabila pengeluaran atau pinjaman Anda sebelumnya terlalu besar, hal ini berpotensi menyebabkan pengajuan pinjaman Anda ditolak. Terutama jika Anda mengajukan pinjaman lebih dari limit kredit yang telah ditetapkan oleh lembaga keuangan. Hal ini karena lembaga keuangan yang Anda tuju meragukan kemampuan membayar Anda dan menghindari resiko kredit macet. 

Sebaiknya, ajukan limit sesuai yang telah ditetapkan oleh lembaga keuangan. Selain itu, rasio hutang yang ideal adalah maksimal 30% dari pendapatan Anda perbulannya. 

 

Itulah beberapa alasan mengapa aplikasi pinjaman Anda ditolak. Semoga ulasan diatas dapat membantu Anda untuk menghindari hal-hal tersebut, ya. Pastikan juga untuk selalu mengajukan aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK sebagai solusi keuangan Anda.