Pinjaman

Yuk, Ketahui Syarat Mengajukan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil!

Ketika ada keperluan mendesak, salah satu alternatif untuk mendapatkan dana cepat cair adalah mengajukan pinjaman dana, baik secara online maupun konvensional. Dalam mengajukan pinjaman, pinjaman jaminan BPKB mobil akhir-akhir ini semakin menjadi alternatif yang populer untuk digadaikan, terutama pengajuan pinjaman secara online. Hal ini karena selain prosesnya yang mudah dan cepat, kendaraan yang dijadikan jaminan pun hanya ditahan BPKB-nya saja, sehingga kendaraan Anda masih bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. 

Lalu, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengajukan pinjaman jaminan BPKB mobil?

Melengkapi Persyaratan dan Dokumen yang Diperlukan

Langkah pertama dalam mengajukan pinjaman adalah melengkapi persyaratan dan dokumen yang lengkap. Umumnya, persyaratan dalam mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil adalah calon peminjam berusia minimal 21 tahun, memiliki pendapatan yang stabil, dan memiliki BPKB asli. Dokumen yang diperlukan kurang lebih adalah:

  • KTP Peminjam
  • Kartu Keluarga
  • Akta nikah/cerai/kematian/perjanjian pranikah
  • Nomor pokok wajib pajak (npwp)/surat pemberitahuan pajak
  • Rekening 3 bulan terakhir
  • Slip gaji karyawan/surat keterangan penghasilan
  • Dokumen jaminan (BPKB Kendaraan, SHM/SHGB, IMB, AJB, PBB terakhir)

Ketahui Profil Mobil yang Bisa Digadaikan

Pastikan jika mobil yang Anda akan jadikan jaminan pinjaman sesuai dengan syarat agar proses pengajuan pinjaman Anda berjalan dengan lancar. Umumnya, profil mobil yang bisa digadaikan adalah mobil berusia maksimal 10-15 tahun, memiliki BPKB asli, bukan bekas taksi atau ambulans, serta bukan plat merah. 

Memahami Risiko dan Proses Jaminan BPKB Mobil

Sebelum Anda benar-benar mengajukan pinjaman, pastikan bahwa Anda memiliki kemampuan membayar pinjaman Anda tepat waktu per bulannya. Hindari penalti hingga risiko ditahannya kendaraan Anda karena Anda tidak mampu membayar cicilan pinjaman. Pastikan bahwa Anda memilih layanan pinjaman yang mengajukan bunga dan biaya administrasi yang rendah sehingga tidak membebankan Anda.

Umumnya, proses pengajuan pinjaman memakan waktu 1-2 hari, termasuk penjemputan persyaratan dan data peminjam serta proses survey.

Pilih Lembaga Keuangan yang Terpercaya

Yang terakhir, pastikan bahwa Anda mengajukan pinjaman online dengan jaminan BPKB mobil kepada lembaga pembiayaan yang terpercaya, serta telah terjamin keamanan dan reputasinya. Anda bisa memastikan apakah perusahaan pembiayaan yang Anda tuju terdaftar dan diawasi oleh OJK, serta memberikan bunga rendah dan layanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar Anda. 

Selama pinjaman tidak diajukan untuk hal yang bersifat konsumtif, serta diajukan kepada pihak terpercaya, pinjaman jaminan BPKB mobil online bisa bermanfaat bagi kebutuhan finansial Anda. Yuk, ajukan pinjaman dengan jaminan BPKB mobil sekarang!